
Kemampuan Menulis Berita Dengan Pengamatan Objek Di Lingkungan Sekolah Siswa Kelas VIII-1 Dan VIII-2 SMP Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Dwi Apriani Wulandari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh fakta secara nyata mengenai pencapaian hasil belajar siswa dalam kemampuan menulis berita dengan pengamatan objek lingkungan sekolah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan tahun pembelajaran 2013/2014. Penyusunan skripsi ini dilakukan selama 1 tahun 5 bulan, yang dilaksanakan mulai bulan Agustus 2012 sampai dengan januari 2014. Metode dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel ditentukan secara cluster sampling yaitu merupakan teknik pengambilan sampel random atas kelompok-kelompok, bukan pada individu dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang siswa yang ditetapkan dengan fraction 25% dari jumlah populasi sebanyak 94 orang siswa. Hasil belajar siswa dalam menulis berita dengan pengamatan objek lingkungan sekolah adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan pemerolehan nilai rata-rata 79 dengan persentase pencapaian secara keseluruhan adalah 79% yang menunjukkan bahwa kemampuan siswa secara keseluruhan adalah baik. Dari hasil pengelompokkan berdasarkan indikator yang diamati meliputi kesesuaian isi/objek berita dengan konteks peristiwa (KIK) dengan persentase sebesar 73,6%, jumlah kalimat (JK) dengan persentase sebesar 97,6%, penyusunan kalimat (PK) dengan persentase sebesar 53,6%, diksi (D) dengan persentase sebesar 87,3%, ejaan dan tanda baca (ETB) dengan persentase sebesar 85,6%. Sementara itu berdasarkan pengelompokkan kriteria yang diperoleh responden yaitu pada persentase pada kriteria baik sekali 18,3% dengan bobot A (85-100), dan kriteria baik 56,6% dengan bobot B (75-84), sementara responden yang memperoleh kriteria cukup dengan bobot C (60-74) sebanyak 25%, untuk kriteria kurang dengan bobot D (40-59) sebanyak 0%, dan untuk kriteria gagal dengan bobot E (0-39) sebanyak 0%.
Tidak Tersedia Deskripsi