Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa SMP Kristen Tunas Kasih Tarakan Tahun Pelajaran 2012/2013 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa SMP Kristen Tunas Kasih Tarakan Tahun Pelajaran 2012/2013

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa SMP Kristen Tunas Kasih Tarakan Tahun Pelajaran 2012/2013

Pengarang : Kasman Tedana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping terhadap prestasi belajar biologi siswa SMP Kristen Tunas Kasih Tarakan tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain Pretest and Posttest Non Equivalent Control Group.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Kristen Tunas Kasih Tarakan. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel 54 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VIII-A sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII-B sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal dengan 4 pilihan jawaban. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata gain kelas eksperimen sebesar = 31,30 dan rata-rata gain kelas kontrol sebesar = 15,37. Berdasarkan hasil analisis data gain secara statistik menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar = 5,145 lebih besar dari ttabel = 2,00 pada taraf signifikansi 0,05. Hal ini membuktikan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas VIII SMP Kristen Tunas Kasih Tahun Pelajaran 2012/2013.





The research is aimed to find out the effect of learning using cooperative learning on mind mapping model on the achievement of learning biology on the students of SMP Kristen Tunas Kasih Tarakan academic year of 2012/2013. This is quasi expremental research which was designed by pretest and non equivalent posstest control group. The population of the research was the students at grade VIII SMP Kristen Tunas Kasih Tarakan. The sample of the research was taken using purposive sampling. The number of sample are 54 students who are divided into two classes, namely class VIII-A as the control group and class VIII-B as the experimental group each group consisted of 27 students. The data were collected using objective instrument test with 20 questions and 4 answer choke options. This result shows that the average of experimental class gain which reaches 31,30 and 15,37 for the control class. Based on t-test analysis tvalue of gain data is 5,145 which is higher from ttabel (2,00) at 0,05 significance level. It means that Ho is rejected and Ha is accepted, therefore it can be concluded that there is an effect of cooperative learning on mind mapping model on the achievement in learning biology of eighth grade students of SMP Kristen Tunas Kasih Tarakan academic year of 2012/2013.

Detail Informasi