
Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan
Pengarang : Heriansyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa setelah menggunakan penerapan model pendekatan kontekstual pada materi klasifikasi makhluk hidup biologi siswa kelas VII-6 SMP Negeri 9 Tarakan 2013/2014. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Agustus sampai dengan September 2013 di SMP Negeri 9 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah kelas VII-6. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Data hasil penelitian diperoleh dari tes hasil belajar siswa, lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pendekatan kontekstual untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII-6, menunjukkan bahwa rata-rata siswa kelas VII-6 pada materi klasifikasi makhluk hidup mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase kognitif siswa untuk tiap siklus, yaitu pada siklus I sebesar 78,5% untuk siklus II sebesar 82%. Selain itu hasil dari keaktifan siswa terhadap pembelajaran mendapat nilai interprestasi yang sangat positif dilihat dari hasil analisis keaktifan siswa siklus I sebesar 74,25% untuk siklus II sebesar 80,18%.
The purpose of this research is to improve the activity and student learning outcomes after using the model of a contextual approach to material classification of living things biology class VII-6 SMP Negeri 9 Tarakan 2013/2014. This study was conducted from August to September in SMP Negeri 9 Tarakan. Type of research is a classroom action research subject is class VII-6. This study was conducted in two cycles of action. research data obtained from the test results of students' learning, observation sheet. Based on the analysis of data it can be concluded that the application of the contextual approach to improving student learning outcomes liveliness and class VII-6, shows that the average student of class VII-6 on material classification of living things has increased. this is indicated by an increase in the average yield for each percentage of students' cognitive cycle, ie the first cycle of 78.5% for the second cycle of 82%. besides the results of the learning activity of students scored very positive interpretation derived from the analysis of activity students first cycle of 74.25% to 80.18% for the second cycle.