Penerapan Model Cooperatif Learning Dengan Teknik Dua tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII-9 SMPN 4 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Cooperatif Learning Dengan Teknik Dua tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII-9 SMPN 4 Tarakan

Penerapan Model Cooperatif Learning Dengan Teknik Dua tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII-9 SMPN 4 Tarakan

Pengarang : Nur Kumalasari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa setelah menggunakan penerapan model Cooperatij Learning dengan teknik dua tinggal dua tamu (two stay two stray) pada mata pelajaran sistem peredaran darah manusia biologi siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 4 Tarakan tahun pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Januari sampai dengan bulan Februari 2013 di SMP Negeri 4 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah kelas VIII-9. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Data hasil penelitian diperoleh dari tes hasil belajar siswa, lembar observasi minat siswa, lembar observasi keterampilan guru dalam melaksanakan belajar pembelajaran, dan angket minat siswa terhadap pembelajaran dengan teknik dua tinggal dua tamu (Two Stay Two Stray). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Cooperatij Learning Dengan Teknik Dua Tinggal Dua Tamu (Two stay two stray) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIII-9 , menunjukkan bahwa rata-rata siswa kelas VIII-9 pada pokok bahasan sistem peredaran darah pada manusia mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase kognitif siswa untuk tiap siklus, yaitu pada siklus I sebesar 35,48% untuk siklus II sebesar 85,29%. Selain itu hasil dari angket minat siswa terhadap pembelajaran mendapatkan nilai interpretasi yang sangat positif dilihat dari hasil analisis angket minat siswa yang dilakukan di akhir siklus dengan nilai sebesar 91,89%.



The purpose of this study is to increase student interest and learning outcomes after the implementation of the model using cooperative learning technique with two guests staying two (two stay two stray) on the subjects of human circulatory system biology class VIII-9 SMP Negeri 4 Tarakan learning year 2012 / 2013. This study was conducted from January to February 2013 in the SMP Negeri 4 Tarakan. Type of research is a classroom action research subject is class VIII-9. The experiment was conducted in two cycles of action. The data were obtained from tests of student learning outcomes, student interests observation sheet, observation sheets teachers 'skills in implementing and learning, and students' interest towards learning questionnaire technique with two guests staying two (two stay two stray). Based on the results of data analiysis can be concluded that the application of cooperative learning by two stay two stray model able to increase the student's interest and result of their study at grade VIII-9, at theme the digestion process at human body The result showed that there was an increasing of the average result students' cognitive form in each of the cycle. The students got their cognitive grade result at the first cycle was 35,48%, and the second one was 85,29%. Meanwhile, from the interest questionnaire of the students' lesson at Biology showed that they have a positive interpretation at their lesson. It acquired from the analysis of students' interest at the last cycle about 91, 89%.

Detail Informasi