Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Setting Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Setting Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Biologi  Siswa SMP Negeri 2 Tarakan

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Setting Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Markus - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan setting peta pikiran terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan. Penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (quasi eksperiment), dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan Tahun Ajaran 2012/2013, dan sampel yaitu kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan software SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan setting peta pikiran terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan, karena nilai t hitung yang diperoleh sebesar -0,245 lebih kecil dari t tabel 1,671.




This research was aimed to observe the effect of cooperative learning model application on the result of jigsaw type setting and mind map in learning biology of eighth grade students of SMP Negeri 2 Tarakan. This is quasi-experimental research (quasi experiment), and the population for this research was the students of all eighth grade of SMP Negeri 2 Tarakan Academic Year 2012/2013, the sample was taken from class VIII-5 as the control class and class VIII-4 as the experiment class. The sampling was done by purposive cluster sampling. The data was collected using interview, observation, documentation and test method. The data were analyzed using SPSS 16.0 for Windows software. According to the results of data analysis it can be concluded that there was no effect of the implementation of cooperative learning model of jigsaw type by mind map setting on learning result in biology of eighth grade students of SMP Negeri 2 Tarakan, because the t value is 0.245 less than the t table 1.671.

Detail Informasi