Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Sadam Husin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran biologi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus-September 2013 di SMP Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan populasi siswa kelas VIII dan sampel sebanyak 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa untuk kelas eksperimen, dan 24 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, instrumen tes berpikir kreatif berbentuk pilihan ganda yang diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan software SPSS 16.0 for Windows. Teknik analisis data menggunakan uji independent sampel t-tes. Analisis data gain diperoleh hasil menunjukkan bahwa thitung (2,053) lebih besar dibandingkan ttabel (1,684). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran biologi kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan.





This research has a purpose to know the effect of problem based learning model of the creative thinking abilities of students on biology lesson. This research was done in August-September 2013 at SMP Negeri 2 Tarakan. This research is a experimental with population of studenst class VIII and 2 classes sample. The sample in this researeh has 25 students for experimental class, and 24 students for class control. The sample is taken with lesing cluster purposive sampling technique. The data collection technique using documentation, in the form creative thinking test instruments, multiplechoice test validity and reliability. The data were analyzed using SPSS 16.0 for windows software. Data analysis technique using independent samples test. Result of data Analysis was obtained than thitung(2,053) is greater than t table (1,684). Therefore it that there are significant effect of model problem based learning to creative thinking abilities students in learning biology lesson class VIII SMP Negeri 2 Tarakan.

Detail Informasi