Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Media Gambar Dilihat Dari Minat Dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri 4 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Media Gambar Dilihat Dari Minat Dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri 4 Tarakan

Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Media Gambar Dilihat Dari Minat Dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri 4 Tarakan

Pengarang : Iwan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Mei 2014 di SMP Negeri 4 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Posttest Comparation Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan sampel sebanyak 2 kelas, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster purposive sampling. Analisis data menggunakan bantuan software SPSS 16.0 for windows dengan teknik analisis menggunakan uji Independent sample t-test. Hasil analisis perbandingan penggunaan media pembelajaran audio visual dan media gambar terhadap hasil belajar siswa diperoleh thitung (0,477) lebih kecil dibandingkan ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 58. Sedangkan untuk perbandingan minat belajar siswa diperoleh thitung (0,986) lebih kecil dibandingkan ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 58. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa antara penggunaan media pembelajaran audio visual dan media gambar, dan tidak terdapat perbedaan minat belajar biologi siswa antara penggunaan media pembelajaran audio visual dan mediagambar.




The study was conducted from May 2014 at SMP Negeri 4 Tarakan. The research is a quasi-experimental design with pretest-posttest study Comparation Group Design. The population in this study were students of grade VII in 2 classes as the sample, Sampling was done by using purposive sampling cluster. The data was analyzed by SPSS 16.0 for windows with test analysis techniques using Independent sample t-test. The comparative analysis of the use of audiovisual teaching aids and pictures media on students' learning results obtained tcount (0,477) is smaller than tcount (2,000) on significant level 0,05 and dk = 58. While for the comparison of student interest earned ttabel (0,986) is smaller than ttabel (2,000) on significant level 0,05 and dk = 58. Based on the analysis of data it can be concluded that there is no difference on the results of students’ biology learning outcome between the use of audio-visual teaching aids and picture media and there is no difference on the students' interest in learning biology between the use of audio-visual teaching aids and picture media.

Detail Informasi