
Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Ika Puspita Paramita - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking (GNT) terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Nopember 2013 di SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan populasi siswa kelas VIII dan sampel sebanyak 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Data di analisis menggunakan software SPSS 16.0 for Window. Teknik analisis data menggunakn uji MANOVA. Hasil analisis pengaruh penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking (GNT) terhadap hasil belajar biologi siswa diperoleh (F = 7,577; p < 0,05). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking (GNT) terhadap hasil belajar biologi siswa ranah kognitif dan afektif berdasarkan angket, dan terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking (GNT) terhadap hasil belajar biologi siswa ranah afektif berdasarkan observasi dan psikomotor.
The purpose of this study was to determine the effect of the application of a method for learning Guided Note Taking (GNT) to the biology student learning outcomes. This study was conducted from November 2013 in the SMP Negeri 5 Tarakan. This is a quasi-experimental study with a population of class VIII and class 2 sample. Sampling technique using cluster random sampling. Data were analyzed using SPSS 16.0 software for Window. Analysis using the MANOVA test. The results of the analysis of the effect of the application of learning methods Guided Note Taking (GNT) to the biology student learning outcomes obtained (F = 7.577, p