Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SMP Negeri 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SMP Negeri 1 Tarakan

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SMP Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Bayu Suprianto - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa SMP melalui pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tarakan pada kelas VIII-1 Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Tarakan kelas VIII-1 yang berjumlah 23 orang yang dibagi menjadi lima kelompok. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan soal kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pada siswa termasuk kedalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata persentase sebesar 84%.



The research was aimed to determine the ability of junior high school students' problem solving through cooperative learning type Group Investigation on the human digestive system materials. The research was done at SMP Negeri 1 Tarakan on the class VIII-1 in the first Semester Academic Year 2013/2014. This is a descriptive research with subjects of this study are all students of SMP 1 Tarakan class VIII-1, amounting to 23 people were divided into five groups. This research applied purposive sampling the data was collected by documentation and problem-solving abilities. According to the result it can be concluded that the problem solving ability of students included in the category of very high with an average value of the percentage of 84%

Detail Informasi