Perlindungan Konsumen Terhadap Iklan Produk Kecantikan Ditelevisi | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Perlindungan Konsumen Terhadap Iklan Produk Kecantikan Ditelevisi

Perlindungan Konsumen Terhadap Iklan Produk Kecantikan Ditelevisi

Pengarang : Ratna Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Media Televisi merupakan media yang paling banyak digunakan oleh para pelaku usaha untuk mempromosikan produknya, media televise lebih menarik dibandingkan media elektronik lainnya, karena menggunakan audio dan gambar sehingga mudah untuk dimengerti para konsumen, namun iklan ditelevisi tidak menyebutkan secara detail mengenai produk kecantikan yang diiklankan seperti batas waktu, tanggal kadaluarsa, setiap iklan kosmetik terkadang tidak mencantumkan kandungan atau komposisi didalam iklannya serta tidak menyebutkan ijin POM. Dalam penulisan skripsi ini, penulis akan membahas tentanng Prinsip-prinsip Perlindungan Konsumen Terhadap Layanan Iklan Produk Kecantikan di Televisi dan Bentuk Tanggung Jawab Hukum Produsen Iklan Produk Kecantikan Pada Layanan Televisi. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normative dengan menggunakan pendekatan Undang-Undang dan metode pendekatan konseptual dengan mengkaji peraturan Perundang-undangan dan literatur-literatur hukum yang berkaitan dengan tujuan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan Prinsip-prinsip perlindungan konsumen terhadap konsumen yang menggunakan produk kecantikan. Prinsip manfaat, Prinsip Keadilan, Prinsip Keseimbangan, Prinsip Keamanan dan Keselamatan konsumen Serta Prinsip Kepastian Hukum dan Bentuk tanggung jawab hukum berdasarkan undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, ganti rugi berupa pengembalian uang, pengembalian barang atau jasa yang sejenis atau setara nilainya, perawatan kesehatan dan pemberian santunan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.




Medium of television is a medium that is most widely used by businesses to promote their products, television media more attractive than other electronic media, as it uses audio and image making it easy for consumers to snderstand, but television commercials in detail about the beuty products that are advertised as limit time, date expiry, any cosmetic ads sometimes do not include ads within the content or composition, and not to mention permint POM. in writing this paper the author will discuss the principles of consumer protection against service advertisements on television and beauty products liability legal form manufacturers of beauty products advertising on television services. This study uses a method using a normative approach to law and conceptual approach to reviewing literature pertinent laws and regulations and legal literature relating to the purpose of thia study. The results showed that consumer protection principles using beauty products. Benefit principle, the principle of justice, the principe of balance, the principles of security and safety of the consumer as well as the principle of legal certainty and the form of legal liability under the laws of numbers 8 year 1999 about consumer protection, compensation in the form of refunds, return of goods or services similar or equivalent value, health care and the provision of compensation in accordance with the provision of applicable laws and regulations.

Detail Informasi