
Pengaruh Tunjangan Terhadap Kinerja Guru PNS Pada Sekolah Dasar Di Tarakan Timur
Pengarang : Budi Santosa - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh tunjangan terhadap kinerja guru PNS pada Sekolah Dasar di Tarakan Timur. Agar tunjangan tersebut berpengaruh yang positif dan signifikan pada guru PNS sekolah dasar di wilayah Tarakan Timur dalam meningkatkan kinerjanya. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana, uji koefesien determinasi, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji T yang dibantu oleh program SPSS guna membuktikan hipotesis yang penulis duga. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan hasil statistik dengan menggunakan analisis regresi sederhana yang dibantu oleh program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara tunjangan (X) dan kinerja (Y) diperoleh persamaan Y = 46,05 + 0,098X. Sedangkan hasil koefisien determinasi (R2), diperoleh nilai adjusted R square (R2) sebesar 0,006. Hal ini menunjukkan bahwa variabel bebas (tunjangan) memberikan kontribusi terhadap variabel terikat (kinerja) sebesar 0,6% dan setelah disesuaikan nilai sisanya sebesar 99,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis dengan uji T pada propabilitas kesalahan 5% menunjukkan bahwa nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel (0,711 < 1,989). Artinya hal ini membuktikan bahwa variabel bebas (tunjangan) tidak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat (kinerja).
This study aimed to determine the extent of the effect on the performance benefits of civil servants in the elementary school teacher in East Tarakan. So that the benefits are significant and positive impact on primary school teachers in the areas of civil servants East Tarakan in improving its performance. Analysis tools used in this study is a simple regression analysis, coefficient of determination test, validity test, reliability test, test and test assumptions of classical t assisted by SPSS in order to prove the hypothesis that the authors had expected. Based on the results of research and calculation of statistical results using simple regression analysis is aided by the SPSS program. The results showed that the benefits (x) and performance (y) obtained by the equation y = 46.05 + 0.098 x. While the coefficient of determination (R2), the value of adjusted r square (R2) of 0.006. This suggests that the independent variable (allowances) to contribute to the dependent variable (performance) of 0.6%, and after adjusting the value of the remaining 99.4% is influenced by other variables not included in this study. Furthermore, the results of hypothesis testing with test t on propabilitas error of 5% indicates that the value of thitung is smaller than the value ttabel (0.711