Analisis Tingkat Permintaan Jasa Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Angkatan Laut Ilyas Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Tingkat Permintaan Jasa Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Angkatan Laut Ilyas Tarakan

Analisis Tingkat Permintaan Jasa Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Angkatan Laut Ilyas Tarakan

Pengarang : Salmawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh pendapatan jarak, dan harga secara parsial terhadap permintaan jasa pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Angkatan Laut Ilyas Tarakan. Mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh pendapatan, jarak, dan tarif secara simultan terhadap ermintaan jasa pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Angkatan Laut Ilyas Tarakan. Mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan jasa kesehatan di Rumah Sakit Angkatan Laut Ilyas Tarakan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis statistik dalam penelitian ini meliputi pengujian hipotesis secara parsial (uji-t), pengujian hipotesis secara serempak (ujif), pengujian ketetapan perkiraan (R2), dan perhitungan dengan menggunakan skala likert. Setelah melakukan pengujian regresi linear berganda maka di dapatkan hasil yaitu pendapatan, jarak dan tarif tidak berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap permintaan jasa pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Angkatan Laut Ilyas Tarakan. Begitu pula dengan pendapatan, jarak dan tarif secara simultan dan signifikan tidak berpengaruh permintaan jasa pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Angkatan Laut Ilyas Tarakan. Berdasarkan hasil dengan menggunakan skala likert dari persepsi lama waktu tunggu di Rumah Sakit Angkatan Laut Ilyas Tarakan sebesar 81,2% melihat interpretasi skor berdasarkan interval maka pasien merasakan sangat puas. Persepsi penyediaan fasilitas di Rumah Sakit Angkatan Laut Ilyas Tarakan sebesar 61,7% melihar interpretasi skor berdasarkan interval maka persepsi penyediaan fasilitas adalah memadai. Persepsi keamanan di Rumah Sakit Angkatan Laut Ilyas Tarakan sebesar 73,1% melihat interpretasi skor berdasarkan interval maka persepsi keamanan adalah aman. Persepsi pelayanan petugas di Rumah Sakit Angkatan Laut Ilyas Tarakan sebesar 81,2% melihat interpretasi skor berdasarkan interval maka persepsi pelayanan petugas adalah sangat puas. Persepsi kebersihan di Rumah Sakit Angkatan Laut Ilyas Tarakan sebesar 71,9% melihat interpretasi skor berdasarkan interval maka persepsi kebersihan adalah bersih. Persepsi sikap pelayanan petugas di Rumah Sakit Angkatan Laut Ilyas Tarakan sebesar 81,2% melihat interpretasi skor berdasarkan interval maka persepsi sikap pelayanan petugas adalah ramah.





The purpose of this study is to investigate and analyze the influence of distance revenues, and prices partially on Demand Service in the Health Service Marine Hospital Ilyas Tarakan. Knowing and analyzing the influence of distance revenue, and price simultaneously on Demand Services Health Services at Naval Hospital Angkatan Laut Ilyas Tarakan. Knowing the level of patient satisfaction with health care services at the Hospital Angkatan Laut Ilyas Tarakan. The analytical tool used in this study is the multiple linear regression analysis. Statistical hypothesis testing in this study include partial hypothesis testing (t-test), simultaneous hypothesis testing (test-f), testing the approximate determination (R2), and calculations using a Likert scale. After testing in multiple linear regression, the results indicate that income, distance and fare no partial effect and significant impact on demand for health care services Naval Hospital Angkatan Laut Ilyas Tarakan. Similarly, income, distance and rates simultaneously and no significant effect on the Health Care Services Request for Naval Hospital Angkatan Laut Ilyas Tarakan. Based on the results by using a Likert scale of perceived waiting time at the Naval Hospital at 81.2 % Tarakan Ilyas see the interpretation of the score is based on the interval then the patient to feel very satisfied. Perception provision of facilities at Naval Hospital Angkatan Laut Ilyas Tarakan by 61.7 % melihar interpretation of the score is based on the perception interval is adequate provision of facilities. Perception of security at the Naval Hospital at 73.1 % Tarakan Ilyas see the interpretation of the score is based on interval perception of security is safe. Perception of service officer at Naval Hospital Angkatan Laut Ilyas Tarakan by 81.2 % see the interpretation of the score is based on interval perception of service personnel is very satisfied. Perception of cleanliness in the Naval Hospital at 71.9 % Tarakan Ilyas see the interpretation of the score is based on interval perception of cleanliness is clean. Service attitude perception officer in the Naval Hospital at 81.2 % Tarakan Ilyas see the interpretation of the score is based on interval perception of service personnel is friendly attitude.

Detail Informasi