Analisis Permintaan Objek Wisata Pantai Amal Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Permintaan Objek Wisata Pantai Amal Kota Tarakan

Analisis Permintaan Objek Wisata Pantai Amal Kota Tarakan

Pengarang : Iswana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh biaya perjalanan (X1), pendapatan (X2), pendidikan (X3), umur (X4), jarak tempuh (X5), persepsi pengunjung (X6) terhadap jumlah permintaan (Y) per individu di objek wisata Pantai Amal Kota Tarakan dan mengetahui nilai ekonomi objek wisata Pantai Amal dengan pendekatan biaya perjalanan individu. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah populasi 64.560 berdasarkan data Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga. Pengambilan sampel sebanyak 100 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, Surplus Value untuk menghitung nilai total ekonomi objek wisata Pantai Amal Kota Tarakan dan skala likert untuk menghitung persepsi pengunjung tentang keamanan, fasilitas, kebersihan serta kepuasan pengunjung selama melakukan rekreasi di objek wisata Pantai Amal. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda secara parsial dan simultan ternyata variabel biaya perjalanan (X1), pendapatan (X2), pendidikan (X3), umur (X4), jarak tempuh (X5), persepsi pengunjung (X6) tidak berpengaruh terhadap jumlah permintaan (Y). Berdasarkan hasil perhitungan valuasi ekonomi dengan menggunakan metode biaya perjalanan individu surplus yang diperoleh konsumen sebesar Rp. 347.126,16 per individu per satu kali kunjungan menunjukkan bahwa keuntungan yang diperoleh konsumen yaitu pengunjung objek wisata Pantai Amal lebih besar dibanding pengeluaran rata-rata ke objek wisata Pantai Amal tersebut yaitu Rp.75.590,00 lalu dari hasil perhitungan surplus konsumen maka diperoleh nilai ekonomi objek wisata Pantai Amal sebesar Rp. 67.231.394.023,2. Persepsi pengunjung dengan menggunakan perhitungan skala likert diperoleh bahwa pengunjung merasa aman dan fasilitas di Pantai Amal memadai, serta kebersihan di Pantai Amal cukup bersih dan pengunjung merasa cukup puas selama rekreasi di objek wisata Pantai Amal.




The aims of the research is it find out how big influences of travel cost (X1), income (X2), education (X3), age (X4), distanced travel (X5), visitors perseption (X6) to the number of request (Y) individual in Amal Beach Tourism Object inTarakan City and to know economic value tourism object with the approach of individual travel cost. The sample of conducted using a formula slovin with 64.560 population based on the data of culture tourism, youth and sport departement. It is taken as many as 100 respondents. An instrument analysis used in this research is multiple linear regression, surplus value to calculate the total value of economic tourist attraction an likert scale to calculate visitors perseption about security, facilities, cleannes, and visitors satisfaction during recreation in Amal Beach. Based on the result of multiple regression analysis partialy and simultaneous it means than travel cost (X1), income (X2), education (X3), age (X4) distanced travel (X5), visitors perseption (X6) are not influence to total request (Y). Based on the economic calculation by using a method of travel cost individual surpluses obtained consumens Rp. 347.126,16 individual for a visited it is showed that earning that visitors get is Amal Beach visitor is bigger than external rate to Amal Beach tourisms Rp. 75.590.000 from the consumen surplus it can be reached Rp. 67.231.394.023,2. Visitor’s perseptions by using of likert scale obtained that visitors feel safe and the facilities of Amal Beach adequate, and sanitation is pretty and clean and visitors feel quite statisfied for recreation.

Detail Informasi