
Kinerja Pelayanan Publik Dinas Pekerjaan Umum Di Daerah Pemekaran Kabupaten Tana Tidung
Pengarang : Enggar Rizky Kurniawan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pemerintah daerah di daerah pemekaran Bidang Pekerjaan Umum Kabupaten Tana Tidung. Pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin dan mendapatkan responden sebanyak 100 responden dari 17.079 jiwa di 3 kecamatan yang ada di Kabupaten Tana Tidung tingkat keragaman usia, pekerjaan dan pendidikan. Ternyata setelah melalui perhitungan dan penelitian dengan menggunakan tiga indikator produktifitas, responsivitas, kualitas layanan serta menggunakan Variabel penelitian diukur dengan menggunakan Skala Likert, dijabarkan menjadi indikator variabel yang kemudian dijadikan sebagai titik tolak penyusunan item-item instrument bisa berbentuk pertanyaan atau pernyataan. Jawaban dari setiap instrument memiliki gradasi dari tertinggi (sangat positif) sampai pada terendah (sangat negatif), untuk keperluan secara kuantitatif maka jawaban-jawaban tersebut diberi skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Pelayanan Publik Dinas Pekerjaan Umum Di Daerah Pemekaran Kabupaten Tana Tidung dilihat dari segi produktivitas, responsivitas, kualitas layanan sudah optimal dalam pencapaian setiap target kerja. Namun dari segi pemerataan pembangunan masi h belum dirasakan oleh segenap masyarakat yang ada di Kabupaten Tana Tidung karena membutuhkan dana dan waktu yang tidak sebentar. Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tana Tidung perlu adanya penambahan jumlah pegawai yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tana Tidung terhadap pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tana Tidung agar dapat memaksimalkan pelayanan publik sehingga semakin memudahkan akses bagi masyarakat untuk beraktivitas sehingga perekonomian dan kesejahteraan masyarakat semakin membaik.
The purpose of this research is to analyze the performance of local government in the expansion area of Public Work Department in Tana Tidung Regency. The taking of samples was conducted coincidentally with 100 respondents from 17,079 people of 3 sub-districts in Tana Tidung Regency based on their age, job, and education. After through the calculation and research with three indicators of productivity, responsiveness, quality of service, and research variable are measured with the Likert scale and described into variable indicators that will be used as the starting point for the compilation of instrument item in the form of question or statement. The answer from every instrument has the gradation from the highest degree (very positive) until the lowest degree (very negative). The answers get score as the quantitative data. The result of research shows that the performance of public service of Public Works Agency in the expansion area of Tana Tidung Regency is optimal in terms of achievement of every work target, productivity, responsiveness, and service quality. However, the development equity is not felt by all people in Tana Tidung Regency since it needs more budget and longer time. Public Works Agency of Tana Tidung regency needs additional employees from the Regional Employment Board of Tana Tidung Regency on the employees of Public Works Agency of Tana Tidung Regency to maximize the public service and provide easier access for people to do their activity for better economy and people's prosperity.