
Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Raket Viktor (Studi Pada Gor Naga Mas Tarakan)
Pengarang : Firmansyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian raket victor dikota tarakan. Dan penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis factor yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian raket victor di Gor Naga mas Kota tarakan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah atau memakai raket victor digor naga mas tarakan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dan teknik yang digunakan adalah teknik Nonprobability sampling dengan pendekatan accidental sampling (pengambilan sampel berdasarkan kebetulan). Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh persamaan regresi sebagai berikut, Y = 1,858 + 0,25 X1 - 0,76 X2+1,213+e variabel promosi memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian sebesar 1,213, kemudian diikuti oleh variabel kualitas produk sebesar 0,25 Sedangkan variabel harga mempunyai pengaruh paling rendah dibandingkan variabel lain sebesar- 0,76. Pengujian hipotesis menggunakan uji t yang menunjukan bahwa terdapat dua variabel independen yaitu kualitas produk (X1) dan promosi (X3) yang diteliti terbukti secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y). Dan terdapat 1 variabel yang berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian yaitu variabel harga (x2)
This study aims to determine how much influence the quality of products, price and promotion on purchase decisions rackets victor in the city of Tarakan. And the study also aims to analyze the factors The most dominant influence on purchasing decisions racket Digor victor mas Naga City tarakan. The population used in this study is that consumers once or wearing dragon Digor rackets victor mas Tarakan. samples at This study of 100 respondents and the technique used is the technique Non-probability sampling with accidental sampling approach (decision sample by coincidence). The analytical method used is the analysis Quantitative is multiple regression analysis. This included: validity and reliability, classic assumption test, multiple regression analysis, hypothesis testing through t test and f, as well as the coefficient of determination (R2). The analysis of the regression equation as follows, Y = 1.858 + 0.25 X1 - X2 + 1.213 + 0.76 e promotion variables have the most influence on purchasing decisions at 1,213, followed by the variable quality of the product amounted to 0.25 While the price variables have the most influence lower than Another variable sebesar -0.76. Hypothesis testing using t shows that there are two independent variables, namely the quality of the product (X1) and promotion (X3) studied proved positive and significant affect the dependent variable is the purchase decision (Y). And there is one variable that negatively affect purchasing decisions is price variable (x2)