Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah Materi Keanekaragaman Hayati Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah Materi Keanekaragaman Hayati Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan

Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah Materi Keanekaragaman Hayati Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Edi Sudiono - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS Biologi yang baik (sesuai KTSP) pada materi Keanekaragaman Hayati untuk siswa kelas X SMAN 3 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester kedua tahun pembelajaran 2015/2016 di SMAN 3 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan yang digunakan diadaptasi dari Sugiono dengan langkah-langkah: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Pengumpulan data hasil validasi ahli menggunakan instrumen angket tertutup berupa lembar validasi ahli. Uji coba LKS ke siswa dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan melibatkan subjek siswa kelas X dengan kemampuan akademik rendah, sedang dan tinggi. Pengumpulan data hasil uji coba LKS menggunakan instrumen angket tertutup berupa angket respon siswa. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah LKS berdasarkan pembelajaran berbasis masalah (PBM) dinyatakan baik untuk digunakan oleh siswa kelas X SMA.

The purpose of this research is to produce a good (according to KTSP) biology student worksheet on biodiversity material for grade X in SMAN 3 Tarakan. This research has been held on second semester in 2015/2016 academic years at SMAN 3 Tarakan. The type of this research is research and development. The procedure of development which used as adapted by Sugiono with steps: potensial and problem, data collection, product design, validation design, revition design, product trial and product revition. The data collection as the expert validation using closed questionnaire instrument that named expert validation sheet. The trial of this student worksheet has done two times such as small group trial and field trial that was involved students of class X as subject with low, medium and hight academic skill. The collection data as result of the trial student worksheet using closed questionnaire instrument that named student respond questionnaire. The result of this research and development is biology student worksheet based problem based learning has development is good for used students of class X SMA.

Detail Informasi