Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Do’a Anak Jalanan Karya Ma’mun Affany (Kajian Sosiologi Sastra) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Nilai Pendidikan Karakter Dalam  Novel Do’a Anak Jalanan Karya Ma’mun Affany (Kajian Sosiologi Sastra)

Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Do’a Anak Jalanan Karya Ma’mun Affany (Kajian Sosiologi Sastra)

Pengarang : Sumiati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Do’a Anak Jalanan karya Ma’mun Affany. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Do’a Anak Jalanan karya Ma’mun Affany yang diterbitkan pada tahun 2013 oleh penerbit Sofia Publishing House dengan jumlah 152 halaman. Penelitian difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan nilai pendidikan karakter ditinjau secara sosiologi sastra. Data diperoleh melalui teknik baca, simak dan catat. Artinya, peneliti membaca teks novel Do’a Anak Jalanan karya Ma’mun Affany secara keseluruhan dan mencari data yang menunjukkan nilai pendidikan karakter, kemudian membuat klasifikasi data berdasarkan indikator yang dibuat. Data yang sudah diperoleh dianalisis dengan cara menginterprestasikan data tersebut kemudian dibuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Do’a Anak Jalanan karya Ma’mun Affany dapat dikelompokkan menjadi: 1. Nilai Pendidikan Religius yang mencakup hubungan manusia dengan Tuhan seperti bersyukur dan berdoa sebanyak 5 data, 2. Nilai Pendidikan Tanggung Jawab yang mencakup tugas dan kewajiban terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan sebanyak 14 data, 3. Nilai Pendidikan Percaya Diri yang mencakup kemampuan diri terhadap keinginan dan harapan sebanyak 7 data, 4. Nilai Pendidikan Semangat yang mencakup cara berpikir, bertindak, dan berwawasan sebanyak 17 data, dan 5. Nilai Pendidikan Disiplin yang mencakup disiplin diri, disiplin kerja, dan disiplin belajar sebanyak 8 data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis dalam novel Do’a Anak Jalanan karya Ma’mun Affany terdapat 5 nilai pendidikan karakter. Dari 5 nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Do’a Anak Jalanan karya Ma’mun Affany, yang lebih dominan adalah nilai pendidikan karakter semangat dan yang tidak dominan adalah nilai pendidikan religius dan nilai pendidikan disiplin.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi