
Pengaruh Persepsi, Motivasi, dan Sikap Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Maskapai Penerbangan Lion Air Di Kota Tarakan
Pengarang : Eka Putri Listianti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi terhadap keputusan konsumen dalam memilih maskapai penerbangan Lion Air di kota Tarakan. (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap keputusan konsumen dalam memilih maskapai penerbangan Lion Air di kota Tarakan. (3) Untuk mengetahui pengaruh sikap terhadap keputusan konsumen dalam memilih maskapai penerbangan Lion Air di kota Tarakan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa maskapai penerbangan Lion Air di kota Tarakan, sedangkan sampelnya adalah sebesar 150 responden. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Analisis data dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji normalitas. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi berganda, uji koefisien determinasi, dan uji t dengan bantuan software SPSS 19.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial faktor persepsi, motivasi, dan sikap mempunyai hubungan yang positif terhadap keputusan konsumen dalam memilih maskapai Lion Air di kota Tarakan. Faktor sikap mempunyai kontribusi yang paling kuat dalam mempengaruhi keputusan konsumen memilih maskapai Lion Air. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,420 menunjukkan bahwa 42 persen variabel keputusan konsumen dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independent dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 58 persen dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Model regresi yang digunakan dalam penelitian ini sudah memenuhi syarat dalam asumsi klasik yaitu bebas dari multikolinearitas, bebas dari heteroskedastisitas, dan memenuhi uji normalitas.
This study aims : (1) To determine the effect of the perception on consumer decision in choosing the airline Lion Air in the city of Tarakan. (2) To determine the effect of the motivation on consumer decision in choosing the airline Lion Air in the city of Tarakan. (3) To determine the effect of the attitude on consumer decision in choosing the airline Lion Air in the city of Tarakan. The population in this study are all service users airline Lion Air in Tarakan city, while the sample was of 150 respondents. The sampling technique was purposive sampling. Data analysis using validity test and reliability test, classical assumption test using the multicollinearity test, heteroscedasticity test, and normality test. Data analysis techniques using multiple regression analysis, coefficient of determination, and t-test with the help of software SPSS 19.0 for windows.The results showed a partial factor of perception, motivation, and attitude has a positive relationship to consumer decision the airline Lion Air in the city of Tarakan. Attitudinal factors have contributed the most powerful in the influenceconsumer decision choosing the airline Lion Air. Adjusted R Square value of 0.420 indicates that 42 percent of consumer decision variables can be explained by the three independent variables in the regression equation. While the remaining 58 percent is explained by other variables outside the model. The regression model used in this study are already qualified in the classical assumption free of multicollinearity, free of heteroscedasticity, and meet the test of normality.