
Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Mie Instan Merk Indomie di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan)
Pengarang : Haldiansyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Persaingan dunia bisnis yang semakin ketat, menuntut setiap produsen untuk mampu memberikan serta meproduksi barang dan jasa dengan kualitas unggul, harga yang tepat, serta promosi yang berkesinambungan. Peran ketiga hal tersebut dinilai sangat penting guna menjaga eksistensi dan pangsa pasar pelanggan, khususnya menarik serta menjaga kepercayaan pelanggan agar mereka senantiasa melakukan pembelian ulang terhadap produk yang ditawarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variable kualitas produk, harga, dan promosi terhadap minat beli ulang pelanggan secara parsial dan simultan. Hipotesis dari penelitian ini adalah di duga ada pengaruh positif antara kualitas produk, harga dan promosi terhadap minat beli ulang pelanggan secara parsial dan simultan. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan, sampelnya berjumlah 100 orang. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil uji statistik t di peroleh thitung sebesar 2,904 dan t table sebesar 1,958, artinya variable kualitas produk secara parsial berpengaruh positif terhadap perubahan tingkat minat beli ulang. Variabel harga diperoleh nilai thitung sebesar 1,154 dan ttabel sebesar 1,958, artinya variable harga secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap minat beli ulang. Variabel Promosi diperoleh nilai thitung sebesar 0,901 dan ttabel sebesar 1,958, artinya variable promosi secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap minat beli ulang. Berdasarkan hasil uji statistic f diperoleh fhitung sebesar 6,918 dan ftabel sebesar 3.090, sehingga dapat di simpulkan kualitas produk, harga dan promosi secara simultan berpengaruh positif terhadap minat beli ulang. Kualitas produk merupakan factor utama yang harus di perhatikan oleh produsen indomie. Kualitas produk yang baik akan menciptakan kepuasan atas manfaat yang diperoleh dari produk tersebut. Diharapkan produsen terus meningkatkan kualitas produk serta terus memperhatikan keunggulan serta kelemahan yang ada guna menjaga persaingan, kepercayaan dan minat beli ulang pelanggan. Strategi penetapan harga juga harus diperhatikan, dengan kualitas produk yang hampir sama dengan produk lain, sebaiknya harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal, terlebih melebihi harga rata-rata dari produk sejenis. Kualitas yang sama dan harga yang lebih mahal akan menarik konsumen untuk berpindah kemerek lain. Intensitas promosi sebaiknya lebih dimaksimalkan. Dibutuhkan trobosan-trobosan baru guna terus mengingatkan masyarakat dan pelanggan akan produk kita. Untuk peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji dengan variabel yang sama, diharapkan mengkaji berbagai faktor lain di luar ketiga variable independen di atas, karena ketiganya hanya memberikan kontribusi sebesar 14 % yang berpengaruh terhadap minat beli ulang pelanggan, sedangkan sisanya 86 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Competition is getting tougher business world, requires each manufacturer to be able to provide and meproduksi goods and services with superior quality, the right price, and promotion of sustainable. The role of these is considered very important in order to maintain existence and customer market share, particularly interesting and keep the trust of their customers in order to constantly re-purchase the product offered. The purpose of this study is to determine the effect of the variable quality of the product, price, and promotion to customers buying interest re partial and simultaneous. The study population was Borneo Tarakan University Students, The sample totaled 100 people. This study uses multiple regression analysis. Based on the results of statistical tests t obtained tcount by 2,904 and ttable by 1,958, means the variable quality of the product is partially positive effect on changes in the level of buying interest again. Price variable values obtained tcount by 1,154 and ttable by 1,958, means variable promotion is not partially positive effect on buying interest again. Based on the results of statistical tests f obtained fcount by 6,918 and f able by 3,090, can be concluded that the quality of the product, price and promotion simultaneously positive effect on buying interest again. The quality of products is the main factor that need to be noticed by the instant noodle manufacturers. Good quality products will create satisfaction with the benefits derived from these products. It is expected that manufacturers continue to improve the quality of products as well as continued attention to there are advantages and disadvantages in order to maintain competition, trust and customer re buying interest. Pricing strategies should also be considered, with almost same quality product with other products, should the price offered is not too expensive, especially exceeding the average price of similar products. The same quality and higher prices will attract consumers to switch to other brands. The intensity of the campaign should be maximized. Needed breakthrough-new breakthrough to continue to remind the public and our customers to the product. For further researchers who want to examine the same variables, to examine various other factors beyond the above three independent variables, because all three contributed only 14 % that influence customer buying interest re, while the remaining 86 % influenced by other factors outside the study.