
Pengaruh Dimensi-Dimensi Praktik Manajemen Rantai Pasokan Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Pada Usaha Kecil Di Kota Tarakan Kalimantan Utara)
Pengarang : Dio Alif Pradana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi-dimensi praktik manajemen rantai pasokan terhadap kinerja perusahaan studi pada usaha kecil di kota Tarakan Kalimantan Utara. Dimana diajukan tiga variabel bebas dan satu variabel terikat, yaitu Strategi pembelian, Strategi kemitraan pemasok, dan Berbagi Informasi berperan sebagai variabel bebas dan kinerja perusahaan berperan sebagai variabel terikat. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan purposiv sampling. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Tahap pertama menguji validitas dan realibilitas pernyataan setiap variabel. Tahap kedua dengan menguji asumsi klasik. Tahap ketiga dengan meregresi variabel Strategi pembelian, Strategi kemitraan pemasok, dan berbagi informasi terhadap kinerja perusahaan.dan menguji secara parsial (uji t). Dari hasil pengolahan data secara parsial dalam penelitian ini menunjukan bahwa variabel bebas pertama (X1) yaitu Strategi pembelian tidak berpengaruh positif terhadap variabel terikat yaitu kinerja perusahaan pada usaha kecil di kota Tarakan, variabel bebas yang kedua (X2) yaitu Strategi kemitraan pemasok berpengaruh positif terhadap variabel terikat yaitu kinerja perusahaan pada usaha kecil di kota Tarakan, variabel bebas yang ketiga (X3) yaitu Berbagi Informasi tidak berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan pada usaha kecil di kota Tarakan.
This study aims to determine the effect of the dimensions of supply chain management practices on firm performance studies on small business in the city of North Borneo Tarakan. Where the proposed three independent variables and the dependent variable, namely the purchase of Strategy, Partnerships supplier strategy and Sharing Information acting as independent variables and the performance of the company acting as the dependent variable. Sampling method used in this study is nonprobability sampling with a sampling technique that by using purposiv sampling. The method of analysis in this study using multiple regression analysis. The first stage of testing the validity and reliability of the statement of each variable. The second stage of the test the classical assumptions.The third stage of the regressed variable Purchase Strategies, partnerships supplier Strategy , and sharing information on the performance of the partial test enterpris And (t test). From the results of the partial data processing in this study shows that the first independent variable (X1) is a purchase strategy has not positive influence on the dependent variable is the performance of companies in the small business in Tarakan city, the second independent variable (X2) Partnerships supplier strategic has a positive effect on dependent variable is the performance of companies in the small business in Tarakan city, the third independent variable (X3) is Sharing information has not positive effect on the performance of companies in the small business in Tarakan city.