
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Berbelanja Pada Supermarket Sinar Terang Bersaudara Di Kota Tarakan
Pengarang : Anggi Mauri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja di Supermarket Sinar Terang Bersaudara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan skalalikert 5 opsi jawaban. Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 100 sampel, penetapan responden dengan menggunakan Nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Dalam penelitian ini mengunakan metode analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 19. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial produk, harga, tempat dan promosi terbukti secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Variabel harga dikatakan sebagai variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Sebagai saran, perusahaan hendaknya mempertahankan strategi penetapan harga, yang berarti harga yang ditawarkan harus sesuai dengan kualitas yang diharapkan konsumen serta memperhatikan harga kompetitif dari pesaing.
The research is made to determine the effect of marketing mix to consumers decisions in shopping swalayan Sinar Terang Bersaudara. This research is quantitative and this research using quetionare by use of skalalikert 5 answer options. In the study used 100 samples, with respondent determination by using nonprobability sampling that is purposive sampling. . In this research use Method analysis data covers to test validity, reliabilitas's quiz and hypthosts testing by use of multiple analysis regression with help programs SPSS version 19. The results show partial product, price, place, promotion proved to positively and significantly affect to the dependent variable is which purchase decision. Price variable is said to be the most dominant variable influencing purchasing decisions. As a suggestion, company should maintain pricing,which means that the price offered should be in accordance with the expected quality and considering the price competitif of competitor.