Meningkatkan Kreativitas Menulis Teks Deskripsi Dengan Menggunakan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kreativitas Menulis Teks Deskripsi Dengan Menggunakan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas

Meningkatkan Kreativitas Menulis Teks Deskripsi Dengan Menggunakan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas

Pengarang : Sartika - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas menulis teks deskripsi dengan menggunakan metode field trip pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas. Jenis penelitian ini, yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas, pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 29 siswa, terdiri dari 14 siswi perempuan dan 15 siswa laki-laki. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Krut Lewin. Metode penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini, yaitu: 1) teknik tes, dan 2) teknik non-tes: obsevasi/ pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian, yaitu: 1) penilaian lembar observasi siswa dan guru, 2) wawancara siswa dan guru, 3) pedoman penilaian menulis teks deskripsi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu teknik kualitatif yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas menulis teks deskripsi dengan menggunakan metode field trip pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas mengalami peningkatan. Pada hasil observasi aktivitas guru pada proses pembelajaran siklus I memperoleh nilai 75 dengan kategori baik. Pada hasil observasi aktivitas guru pada proses pembelajaran siklus II memperoleh nilai 93 dengan kategori baik sekali. Pada hasil observasi aktivitas belajar siswa pada saat proses pembelajaran siklus I memperoleh rata-rata 71% dengan kategori baik. Pada siklus II hasil observasi aktivitas belajar siswa pada saat proses pembelajaran siklus II memperoleh rata-rata 87%. Pada aspek kognitif rata-rata di prasiklus, yaitu 0 dengan ketidak tuntasan klasikal 100%. Pada siklus I, yaitu 12 dengan ketuntasan klasikal 41% di siklus II rata-rata 29 dengan ketuntasan klasikal 100%. Pada aspek afektif rata-rata siklus I, yaitu 60 dengan kategori cukup dan ketuntasan klasikal 0% di siklus II rata-rata, yaitu 85 dengan kategori baik sekali dan ketuntasan klasikal 100%. Pada aspek psikomotorik rata-rata siklus I 61 kategori cukup dan ketuntasan klasikal 27% di siklus, yaitu 80 dengan kategori baik sekali dan ketuntasan klasikal 100%.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi