
Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Dengan Menggunakan Media Tiga Dimensi Diorama Kelas VII – 8 SMP Negeri 4 Tarakan
Pengarang : Ridwan Setiaji - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan dalam keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan media tiga dimensi diorama siswa kelas VII-8 SMP Negeri 4 Tarakan tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juli sampai dengan Agustus 2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang menuntun peneliti untuk melakukan suatu hal yang diwujudkan dengan tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-8 SMP Negeri 4 Tarakan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi siswa, observasi guru, catatan lapangan, dan tes hasil keterampilan menulis siswa. Setelah melaksanakan tindakan di dalam kelas VII-8 SMP Negeri 4 Tarakan, peneliti memperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa. hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan keterampilan menulis siswa pada siklus 1 dari 31 siswa terdapat nilai terendah yaitu 25 dan nilai tertinggi yaitu 70 yang mencapai nilai KKM 70 hanya 2 orang siswa, maka persentase keberhasilannya sebesar 6%, kemudian pada siklus 2 ketuntasan keterampilan menulis paragraf deskripsi dari 30 orang siswa terdapat nilai terendah yaitu 35 dan nilai tertinggi 95 yang mencapai KKM 70 sebanyak 27 siswa yang persentasenya menjadi 90%. Pada aktivitas guru dalam pengamatan lembar observasi guru siklus 1 pertemuan pertama mencapai 1,9 dan pertemuan 2 mencapai 2,2 maka persentasenya yaitu 2,0. Sedangkan siklus 2 pertemuan 1 yaiu 2,8 dan pertemuan 2 sebesar 3,4 maka persentasenya yaitu mengalami peningkatan dari siklus 1 yaitu 3,1. Pada lembar observasi siswa dalam aktivitas siswa pada saat pembelajaran menulis paragraf deskripsi di dalam kelas, di siklus 1 pertemuan 1 yaitu 47% dan pertemuan 2 yaitu 59% maka rata-ratanya yaitu 53%. Berbeda dari siklus 2 yang mengalami peningkatan pada pertemuan 1 mencapai 73% dan pertemuan 2 yaitu 80% maka rata-rata persiklus 76%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Tidak Tersedia Deskripsi