
Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Diorama pada Siswa Kelas IX-1 di SMP Negeri 4 Tarakan
Pengarang : Rahmat Maulian Noor - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah melihat kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan inspirasi media pembelajaran diorama pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 4 Tarakan tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan mulai pada tanggal 21 Agustus 2017 di SMP Negeri 4 Tarakan. Penelitian ini merupakan Penelitian Kelas (PK), yaitu penelitian yang menuntun peneliti untuk mengetahui kemampuan menulis puisi siswa dengan menggunakan media pembelajaran diorama. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-1 SMP Negeri 4 Tarakan. Kegiatan awal yang dilakukan sebelum masuk ke penelitian yaitu melaksanakan tahap wawancara yang di laksanakan pada tanggal 07 Juni 2017. Setelah melaksanakan tahap wawancara maka peneliti masuk pada tahap penelitian inti yang dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan yang dimulai tanggal 21 Agustus sampai dengan 25 Agustus 2017. Setelah melaksanakan tindakan di dalam kelas VII-8 SMP Negeri 4 Tarakan, data hasil penelitian diperoleh dari tes belajar siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian yang peneliti lakukan di kelas IX-1 SMP Negeri 4 Tarakan diketahui terdapat 12 siswa yang mendapatkan rentang nilai 80 sampai dengan 100 dengan persentase 12% berada dalam kategori baik sekali. Siswa dengan kategori baik dengan nilai angka 70 sampai dengan 79 diperoleh 10 siswa dengan persentase 32%, selanjutnya siswa kategori cukup dengan rentang nilai 60 sampai dengan 69 diraih oleh 4 siswa dengan persentase keberhasilan 13%, selanjutnya siswa kategori kurang dengan perentase 40 sampai dengan 59 diraih oleh 3 siswa dengan persentase 10%, dan yang terakhir siswa yang berada dalam rentang 0 sampai 39 terdapat 2 siswa dengan persentase 6%. Nilai tertinggi dalam penelitian ini yang di peroleh siswa yaitu 85 sebanyak 4 siswa dan nilai terendah dalam penelitian ini di peroleh siswa 55 sebanyak 3 siswa. Berdasarkan hal tersebut maka frekuensi ketuntasan menulis puisi siswa diketahui siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa dengan persentase 65% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 11 siswa dengan persentase 35%. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media pembelajaran diorama pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 4 Tarakan menggambarkan bahwa kemampuan menulis puisi tidak masuk dalam kategori baik, hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata di bawah, yaitu 74-0 sebanyak 13 siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi