
Kemampuan Menulis Puisi Model Think Talk Write (TTW) Media Video Clip Lagu “Satu Indonesiaku” Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 12 Tarakan
Pengarang : Ariyati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah melihat kemampuan peserta didik dalam menulis puisi model Think Talk Write (TTW) Media Video Clip Lagu “Satu Indonesiaku” pada peserta didik kelas VII-4 SMP Negeri 12 Tarakan 2017/2018. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2017 di SMP Negeri 12 Tarakan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskripsi kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kelas dengan subjek penelitian kelas VII-4 SMP Negeri 12 Tarakan. Data hasil penelitian diperoleh dari tes belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Talk Write (TTW) untuk melihat kemampuan peserta didik dan hasil belajar peserta didik kelas VII-4 SMP Negeri 12 Tarakan, menunjukkan bahwa rata-rata peserta didik kelas VII-4 mampu menulis puisi dengan baik. Berdasarkan pencapaian aspek yang diperoleh, persentase untuk aspek pertama mendapat nilai 86 dengan persentase 1,71%, pada aspek kedua mendapat nilai 77 dengan persentase 2,16%, pada aspek ketiga mendapat nilai 56 dengan persentase 1,57%, pada aspek keempat mendapat nilai 76 dengan persentase 1,83%. Berdasarkan hasil perolehan nilai tertinggi dan terendah dalam tiap aspek yang diamati dapat disajikan bahwa untuk aspek pertama hingga aspek keempat pada umumnya, peneliti mendapat perolehan nilai persentase tertinggi, yaitu 2,16% dengan nilai 77 pada aspek kedua sementara itu, untuk aspek ketiga memperoleh persentase terendah, yaitu 1,57% dengan nilai 56. Hal ini menunjukkan, nilai hasil ketuntasan kemampuan peserta didik dalam menulis puisi, peserta didik yang memperoleh kriteria tuntas ada 28 peserta didik dengan persentase 75,6%, dan peserta didik yang memperoleh kriteria tidak tuntas ada 9 peserta didik dengan persentase 24,3%.
Tidak Tersedia Deskripsi