
Pengaruh Country Of Origin dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Konsumen: Makanan Dari Jepang (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Tarakan)
Pengarang : Jumarni - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra negara, kualitas produk, keakraban merek yang mewakili country of origin dan citra merek terhadap niat beli konsumen pada makanan Jepang di Kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Tarakan. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Peralatan analisis yang digunakan adalah SPSS versi 16.0. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) citra negara tidak berpengaruh terhadap niat beli dengan nilai signifikan sebesar 0,116 > 0,05 dan nilai thitung sebesar 1,583 < ttabel sebesar 1,97635; (2) kualitas produk tidak berpengaruh terhadap niat beli dengan nilai signifikan sebesar 0,245 > 0,05 dan nilai thitung sebesar 1,167 < ttabel sebesar 1,97635; (3) keakraban merek berpengaruh positif terhadap niat beli dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 3,413 > ttabel sebesar 1,97635; dan (4) citra merek berpengaruh positif terhadap niat beli dengan nilai signifikan sebesar 0,035 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 2,131 > ttabel sebesar 1,97635. Besarnya pengaruh citra negara, kualitas produk, keakraban merek, dan citra negara mampu menjelaskan variabel niat beli sebesar 32,1% dan sisanya 67,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian.
This research aims to determine the influence of the country image, product quality, brand familiarity that represents the country of origin and brand image of consumers purchase intentions on Japanese food in Tarakan City. This research uses quantitative approach with survey methods. The population in this study was the people of Tarakan City. The sampling method was purposive sampling with a total sample of 150 respondents. The analysis equipment that used is SPSS version 16.0. The data were collected using questionnaire whose validity and reliability had been tested. The data analysis technique of the research was multiple regressions. The results of the research showed that: (1) country image did not influence the purchase intention with a significant value of 0,116 > 0,05 and tcount of 1,583 < ttable of 1,97635; (2) product quality did not influence the purchase intention with a significant value of 0,245 > 0,05 and tcount of 1,167 < ttable of 1,97635; (3) brand familiarity positively influenced the purchase intention with a significant value of 0,001 < 0,05 and tcount of 3,413 > ttable of 1,97635; and (4) brand image positively influenced the purchase intention with a significant value of 0,035 < 0,05 and tcount 2,131 > ttable of 1,97635. The big influence of country image, product quality, brand familiarity and brand image showed 32,1% of purchase intention variable while the rest which was 67,9% was shown by other variables outside this research.