
Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Nurasiah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. Pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap sikap spiritual, 2. Pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap sikap sosial, 3. Pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar ranah pengetahuan, 4. Pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar ranah keterampilan. Penelitian ini dilakukan pada bulan September-Desember 2015 di SMPN 2 Tarakan. Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan populasi siswa kelas VIII dan sampel sebanyak 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket, dan lembar penilai diri. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test dan uji regresi linear sederhana dengan menggunakan sofiware SPSS 16 for Windows. Hasil uji-t sikap spiritual diperoleh thitung -2,109 lebih kecil dari ttable (1,671). Hasil uji-t sikap sosial diperoleh thitung 2,045 lebih besar dari ttable (1,671). Hasil uji-t hasil belajar ranah pengetahun diperoleh thitung 3,555 lebih besar dari ttable. (1,671). Hasil uji-t hasil belajar ranah keterampilan diperoleh thitung 1,737 lebih besar dari ttable (1,671). Hasil uji regresi linear sederhana menunjukan bahwa aktivitas probing prompting berpengaruh negatif terhadap sikap spiritual siswa dengan kontribusi sebesar 11,9%. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukan bahwa aktivitas probing-prompting berpengaruh positif terhadap sikap sosial siswa dengan kontribusi sebesar 12,0%. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukan bahwa aktivitas probing-prompting berpengaruh positif terhadap hasil belajar ranah pengetahuan siswa dengan kontribusi sebesar 13,6 %. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukan bahwa aktivitas probing-prompting berpengaruh positif terhadap hasil belajar ranah keterampilan siswa dengan kontribusi sebesar 13,3 %.
The purpose of this study is to know 1. The effect of probing-prompting learning model towards of spiritual attitude, 2. The effect of probing-prompting learning model towards learning results of social attitude, 3. The effect of probing-prompting learning model towards learning results of knowledge, 4. The effect of probing-prompting learning model towards learning results of skill. This research was conducted in September - December 2015 at SMP 2 Tarakan. This is quasi-experimental research and the VIII grade and the sample taken from 2 classes. The technique sampling is purposive sampling. Collection technique using tests, observations, questionnaires, and self assessors sheet. The data of learning result were analyzed by t-test and simple regression linear using SPSS 16.0 for Windows software. The T-test results spiritual attitude (-3,352 ) is smaller than t table (1,671). The T-test results sosial attitude (2,045) is greater than t table (1,671). The T-test results learning of knowledge (3,555) is greater than t table (1,671). The T-test learning result of skills (1,737) is greater than t table (1,671).The simple regression linear showed that the activity of probing-prompting a negative influence on the spiritual attitude of students by a contribution of 11.9%. The simple regression linear showed that the activity of probing-prompting a positive influence on the spiritual attitude of students by a contribution of 12,0%. The simple regression linear showed that the activity of probing-prompting a positive influence learning of knowledge by a contribution of 13,6 %. The simple regression linear showed that the activity of probing-prompting positive influence of skill with a contribution of 13.3%.