Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Melalui Permainan Puzzle Berbasis Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa SMA Kelas XI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Melalui Permainan Puzzle Berbasis Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa SMA Kelas XI

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Melalui Permainan Puzzle Berbasis Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa SMA Kelas XI

Pengarang : Nur Azizah Azis - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yaitu pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan puzzle yang berbasis kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi jaringan tumbuhan dan jaringan hewan dengan tujuan: 1) Untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik permainan puzzle berbasis kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) 2) Untuk menilai kualitas perangkat pembelajaran (valid, praktis, efektif) yang sesuai dengan permainan puzzle berbasis kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran melalui permainan puzzle berbasis kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) mengacu pada model pengembangan 4D (four-D) Thiagarajan Semmel dan Semmel (1974) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: Pendefinisian (Definie), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), Penyebaran (Dessiminate). Hasil pengembangan perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa keseluruhan komponen perangkat pembelajaran melalui permainan puzzle berbasis kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dinyatakan valid, praktis dan efektif. Hasil belajar siswa meningkat dengan presentase ketuntasan total 97,5%, artinya hasil belajar telah memenuhi syarat ketuntasan individual minimal 75 dan ketuntasan secara klasikal minimal 85% dari nilai KKM.




The study was a research and development which develop the learning using Puzzle based on Cooperative Numbered Head Together type on plant tissue and animal tissue. The study aimed at (1) Developing the learning package suitable to the characteristics of Puzzle Game based on Cooperative Numbered Head Together (NHT) type, (2) evaluating the quality (valid, practical, and effective) of learning package suitable with Numbered Head Together (NHT) type. The development procedure of learning package trough puzzle game based on cooperative Number Head Together (NHT) type reffered to Thiagarajan’s development 4D model of which consisted of four steps, namely defining, design, development, and dissemination steps.The result of learning package trough puzzle game based on cooperative Number Head Together (NHT) type indicated that the components of learning package trough puzzle game based on cooperative Number Head Together (NHT) type was confirmed as valid, practical, and effective. Student’s learning outcomes with the total mastery percentage 97,5% meaning that student’s learning outcomes has met the terms of individual mastery minimaly 75 and classical mastery minimally 85% from the KKM value.

Detail Informasi