
Perbedaan Antara Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dengan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Hilda Rahmawiah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan Antara Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Comparation Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2015/2016, dan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen satu dan kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dua. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan bantuan software SPSS 22 for windows teknik analisis menggunakan uji Independent sample t-test. Hasil analisis yang diperoleh nilai thitung -1.514 pada taraf signifikansi ? = 0,05 dan dk = 70 diperoleh nilai ttabel 2,000 berarti nilai thitung < ttabel (-1,514 < 2,000). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara penerapan model pembelejaran Two Stay Two Stray dengan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan.
The study is aimed to find out the difference between Two Stay Two Stray and Think Pair Share learning model implementation on Eighth Graders’ Achievement of Biology at SMP Negeri 5 Tarakan. The method of this study is quasi experiment with pretest-posttest design. The population of this study is all eight graders while the samples are two classes which are consisted of VIII-2 as the first experimental class and VIII-3 as the second experimental class. The samples are collected based on purposive sampling and the data were analyzed using SPSS 22 for windows software. The Independent sample t-test shows that within ? = 0.05, the tvalue is -1.514 and the degree of freedom (df) is 70 while the ttable is 2.000. it means that tvalue < ttable (-1.514 < 2000). The results show that there are no difference between Two Stay Two Stray and Think Pair Share learning model Implementation on eighth graders’ achievement of biology learning at SMP Negeri 5 Tarakan.