
Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Hamidah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Hasil Belajar dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar siswa yang digunakan dalam penelitian ini meliputi keterampilan mengobservasi, menafsirkan pengamatan, menerapkan konsep, merencanakan percobaan, dan berhipotesis. Penelitian ini dilakukan pada bulan mei 2015 di SMA Negeri 3 Tarakan. Jenis penelitian ini pre experiment dengan populasi siswa kelas X dan sampel yang digunakan sebanyak 1 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes pilihan ganda dan lembar observasi. Data tes dan observasi dianalisis menggunakan sofwer SPSS 22.0 For windows. Teknik analisis menggunakan Uji-t dari Paired samples T test. Analisis data gain hasil belajar diperoleh hasil analisis yang menunjukan bahwa Z-hitung (-19.477) lebih kecil dari probabilitas (? = 0.05). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar biologi kelas X SMA Negeri 3 Tarakan.
The aim in this study was to determine the effectiveness Use Of Problem Based Learning Model Learning Results. Learning Outcomes in this study using achievement test to measure student learning outcomes used in this study include the skills of observing, interpreting observations, applying the concept, planning experiments, and hypothesize. This research was conducted in May 2015 in SMAN 3 Tarakan. This study is the kind of research pre experiment with a population of students of class X and samples used by 1 class. Sampling using purposive sampling technique. Data collection techniques using the technique of multiple choice tests and observation sheet. Test data and observations were analyzed using SPSS 22.0 For Windows sofwer. Engineering analysis using Z test of paired samples T test. The Gain data analysis of learning outcomes obtained results of the analysis showed that t hitung (-19.477) is smaller than the probability (? = 0.05). It shows that there is effective use of problem-based learning model of learning to the learning outcomes biology class X SMA Negeri 3 Tarakan.