
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Ibrahim - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan mei 2015 di SMP Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan populasi siswa kelas VII dan sampel sebanyak 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simpel Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan kegiatan pengamatan. Data tes dan observasi dianalisis menggunakan Software SPSS 22.0 for windows. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Analisis data gain diperoleh hasil menunjukkan bahwa thitung (3.993) lebih besar dari ttabel (1.667). demikian pula hasil uji-t data observasi aspek afektif dan keterampilan siswa menunjukkan bahwa thitung aspek afektif (2.406) dan thitung aspek keterampilan (3.478) kedua aspek tersebut lebih besar dari ttabel (1.667). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tarakan.
The purpose of this study is to know the influence of Guided Inkuiri learning model toward students study result. This research did on 2015, may at SMP Negeri 2 Tarakan. This research is quasi Experiment with 2 class was sample. Sample interpretation used Random Sampling Simple technique. Data accumulation technique used documentation, test and observation activity. Test data and observation analyse used software SPSS 22.0 For Windows. Data analyse technique used T-test. Gain data analysis showed that result of tcount 3.993 was bigger than 1.667 ttable. such as the case result of T-test students skill and effective aspect observation data showed that effective aspect tcount was 3.478. the both of aspect was bigger than 1667 ttable. That is shows that there was influence of Guided inquiry learning model towards students science study result of VII Grade at SMP Negeri 2 Tarakan.