Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPA (Biologi) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPA (Biologi) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan

Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPA (Biologi) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengarang : Kristian Sardi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan hubungan minat belajar dengan hasil belajar IPA (Biologi) pada sub materi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang menggambarkan subjek yang diteliti apa adanya sehingga diperoleh jawaban atas pertanyaan dari permasalahan yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 140 orang. Adapun teknik dalam menentukan sampel adalah berdasarkan Isaac dan Michael pada kesalahan 5% dengan jumlah 100 orang yaitu kelas 8.1,8.2 dan 8.3. Data penelitian ini terdiri dari data berupa angket dan data berupa nilai hasil ulangan harian siswa tahun pelajaran 2014/2015. Data angket dan tes dianalisis menggunakan software SPSS 16.0 for windows. Teknik analisis data mengunakan uji Korelasi Product Moment. Hasil analisis data dari 100 responden menunjukkan bahwa variabel minat belajar siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup memperoleh nilai rata-rata 76,21 berada di kategori berminat, sedangkan pada hasil belajar memperoleh nilai rata-rata 77,55 dengan kategori baik. Berdasarkan analisis data tersebut, minat belajar dengan hasil belajar IPA (Biologi) pada materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup siswa kelas VIII memiliki Koefisien korelasi (rxy) yaitu sebesar 0,521 dengan arah hubungan positif (+). Artinya, semakin baik minat belajar (X) maka semakin tinggi hasil belajar siswa (Y). Nilai r hitung (0,521) > dari r tabel (0,195) yang berarti terdapat hubungan yang signifikan dari minat belajar terhadap hasil belajar IPA (Biologi) pada materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.




This study aims to reveal the relationship with the learning outcomes of interest in learning science (Biology) in sub material growth and development of living things. This research is descriptive quantitative research that describe the subject under study as it is to obtain answers to questions of the problems studied. The population in this study were students of class VIII as many as 140 people. The technique in determining the sample is based on Isaac and Michael on the error of 5% with the number 100 is a class 8.1,8.2 and 8.3. The data of this study consists of data in the form of questionnaires and data in the form of daily test results of students' grades the school year 2014/2015. Questionnaire and test data were analyzed using SPSS 16.0 for Windows. Data analysis technique using product moment correlation test. The results of the analysis of data from 100 respondents indicated that the variable student interest in the material growth and development of living things obtain an average value of 76,04 is in the category of interest, while the learning outcomes to obtain an average value of 77,52 with a good category. Based on the data analysis, interest in learning the science learning outcomes (Biology) onmaterial growth and development of living things eighth grade students have a correlation coefficient (rxy) is equal to 0.521 with the direction of the positive (+). That is, the better the interest in learning (X), the higher the student learning outcomes (Y). R count value (0.521)> from r table (0.195) which means that there is a significant relationship of interest in learning on learning outcomes of Science (Biology) on material growth and development of living things.

Detail Informasi