
Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Diagram Roundhouse Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan
Pengarang : Anna Wahidah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Diagram Roundhouse terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan Tahun Ajaran 2014/2015, dan sampel sebanyak 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data di analisis menggunakan software SPSS 16.0 for window. Hasil uji independent sample t-test terhadap strategi pembelajaran diagram Roundhouse dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari hasil belajar biologi diperoleh thitung 5.204 pada taraf signifikansi alpha dan df = 78 diperoleh nilai ttabel 1,664 berarti thitung>ttabel. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran diagram Roundhouse terhadap hasil belajar biologi.
The purposif this study is to knowing the influence of using Roundhouse Diagram Learning Strategies towards study result of eight grade students at SMP Negeri 4 Tarakan in academic year 2014/2015, and the sample of this study in 2 class sampling techniquie using purposive sampling. Data analysis using SPSS 16.0 for window sofware. The result of ttest sample independenttest words Roundhouse Diagram Learning Strategies with conventional learning observed from result study of biology got tresult 5.204 on significane level a and df = 78 got score ttable 1,664 means tresult>ttable. Based on data analysing result could give the conclusion the there are the influence of using Roundhouse Diagram learning strategies towards study result ofbiology.