Pengaruh Pembelajaran Dengan Starter Experiment Approach Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Pembelajaran Dengan Starter Experiment Approach Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan

Pengaruh Pembelajaran Dengan Starter Experiment Approach Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Dheka Arie Kurniawan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan Starter Experiment Approach terhadap hasil belajar dan ketarampilan proses sains siswa. Hasil belajar dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar siswa dan keterampilan proses sains yang digunakan dalam penelitian ini meliputi keterampilan mengobservasi, menafsirkan pengamatan, menerapkan konsep, merencanakan percobaan, dan berhipotesis. Penelitian ini dilakukan pada bulan April – Mei 2014 di SMA Negeri 3 Tarakan. Penelitian ini adalah jenis penelitian pre experiment dengan dengan populasi siswa kelas X dan sampel yang digunakan sebanyak 1 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes pilihan ganda, tes uraian, dan lembar observasi. Data tes dan observasi dianalisis menggunakan software SPSS 16.0 for Windows. Teknik analisis menggunakan uji-Z dari Wilcoxon sign rank test. Analisis data gain hasil belajar diperoleh hasil analisis yang menunjukan bahwa Zhitung (-3,839) lebih kecil dari probabilitas (? = 0.05) dan hasil data keterampilan proses sains menunjukan bahwa Zhitung (-4.644) lebih kecil dari probabilitas (? = 0.05). Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan starter experiment approach terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 3 Tarakan.




The purpose of this research was to determine the effect of learning with Starter Experiment Approach to the learning outcomes and students process science skills. Learning outcomes in this study using achievement test to measure student learning outcomes and science process skills used in this study include the skills of observing, interpreting observations, applying the concept, planning experiments, and hypothesize. This study was conducted in April-May 2014 at SMAN 3 Tarakan. This study is a kind of pre-experimental research with the class X student population and the sample taken from 1 classes. Sampling using purposive sampling technique. Data collection techniques using a multiple-choice test techniques, test description, and the observation sheet. Tests and observation data were analyzed using SPSS 16.0 for Windows. Mechanical analysis using Z test of Wilcoxon signedrank test. The Gain data analysis of learning outcomes obtained results of the analysis showed that Z results (-3.839) is smaller than the probability (? = 0.05) and data results showed that the process science skills Z results (-4644) is smaller than the probability (? = 0.05). It shows that there is a learning effect with starter experimental approach to the learning outcomes and science process skills class X SMAN 3 Tarakan.

Detail Informasi