Pengaruh Model Pembelajaran Interactive Demonstration Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 2 Tarakan Pada Pembelajaran Biologi | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Interactive Demonstration Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 2 Tarakan Pada Pembelajaran Biologi

Pengaruh Model Pembelajaran Interactive Demonstration Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 2 Tarakan Pada Pembelajaran Biologi

Pengarang : Betty Marselina Simatupang - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tarakan Pada Pembelajaran Biologi. (dibimbing oleh Vlorensius dan Silfia Ilma). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. Pengaruh model pembelajaran Interactive Demonstration terhadap sikap spiritual, 2. Pengaruh model pembelajaran Interactive Demonstration terhadap sikap sosial, 3. Pengaruh model pembelajaran Interactive Demonstration terhadap hasil belajar ranah pengetahuan, 4.Pengaruh model pembelajaran Interactive Demonstration terhadap hasil belajar ranah keterampilan. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Mei 2015 di SMA Negeri 2 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest Posttest Non Equivalent Control Group Design untuk ranah pengetahuan dan Posttest Only Non Equivalent Control Group untuk ranah sikap dan keterampilan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan sampel sebanyak 2 kelas, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan bantuan software SPSS 22.0 for windows dengan teknik analisis menggunakan uji Independent sample t-test. Analisis data gain untuk ranah pengetahuan diperoleh hasil menunjukkan bahwa thitung (1,999) lebih besar dibandingkan ttabel (1,666). Pada hasil analisis sikap spiritual menunjukkan bahwa thitung (1,285) lebih kecil dibandingkan ttabel (1,666). Pada hasil analisis sikap sosial menunjukkan bahwa thitung (2,006) lebih besar dibandingkan ttabel (1,666). Pada hasil analisis ranah keterampilan menunjukkan bahwa thitung (2,008) lebih besar dibandingkan ttabel (1,666). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa 1.Tidak terdapat pengaruh dari interactive demonstration terhadap hasil belajar sikap spiritual siswa, 2.Terdapat pengaruh dari interactive demonstration terhadap hasil belajar sikap sosial siswa, 3.Terdapat pengaruh dari interactive demonstration terhadap hasil belajar pada ranah pengetahuan siswa, 4. Terdapat pengaruh dari interactive demonstration terhadap hasil belajar hasil belajar pada ranah pengetahuan siswa.




The purpose of this study are to know 1. The effect of interactive demonstration learning model towards student’s spiritual atitude, 2.The effect of interactive demonstration learning model towards student’s social atitude, 3. The effect of interactive demonstration learning model towards cognitive learning results, 4. The effect of interactive demonstration learning model towards psycomotoric learning results. The study was conducted from May 2015 at SMP Negeri 2 Tarakan. The research is a quasi-experimental design with pretest posttest non equivalent control group design to knowledge and posttest only non equivalent control group to atitude and skill. The population in this study were students of grade XI in 2 classes as the sample. Sampling was done by using purposive sampling. The data was analyzed by SPSS 22.0 for windows with test analysis techniques using Independent sample t-test. The gain data analysis cognitive of ‘t’ results (1,999) is greater than t table (1,666). Than to spiritual atitude of ‘t’ results (1,285) is smaller than t table (1,666). Than to social atitude of ‘t’ results (2,006) is greater than t table (1,666). Similarly, to skills of ’t’ results (2,008) is greater than t table (1,666). The data analisis showed that : 1.There are no influence of interactive demonstration on the spiritual atitude of students, 2.There are influence of interactive demonstration on the social atitude of students, 3. There are influence of interactive demonstration on the cognitive of students, 4. There are influence of interactive demonstration on the skills of students

Detail Informasi