Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep  Biologi Siswa SMP Negeri 5 Tarakan

Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Masnun - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini dilakukan selama bulan September 2015 di SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2015/2016, dan sampel yaitu kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan software SPSS 16 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMP Negeri 5 Tarakan, karena nilai thitung yang diperoleh sebesar 5,902 untuk Kemampuan Berpikir Kreatif belajar dan 7,298 untuk Pemahaman Konsep lebih besar dari ttabel 2,000.




This research is aimed to find out the effect of project based learning model implementation on creative thinking and biological concept understanding of 8th grade students at SMP negeri 5 tarakan. The research was conducted on september 2015 at SMP negeri 5 tarakan. This is quasi experimental research and 8th graders at SMP negeri 5 tarakan year of 2015/2016 Are the population. The sample of experimental class are students in 8th-5 clas, and 8th-4 students as control. The sample were selected using purposive sampling while the data were colected using documentation, test, and observation. The data then analyzed using spss 16 for windows software. The result shows that the implementation of project based learning model has influenced creative thinking and biological concept understanding of 8th graders at SMP negeri 5 tarakan Since tvalue of creative thinking is 5,902, while biological concept understanding is 7,298 wich are higher than the ttable 2,000.

Detail Informasi