Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Frater Don Bosco Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Frater Don Bosco Tarakan

Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Frater Don Bosco Tarakan

Pengarang : Natanael Thomas - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran aktif tipe quiz team terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Frater Don Bosco Tarakan Penelitian yang dilakukan berupa eksperimen semu (quasi eksperiment), dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Frater Don Bosco Tarakan Tahun Ajaran 2014/2015, dan sampel yaitu kelas X-IPS A sebagai kelas eksperimen dan kelas X-IPS B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan software SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran aktif tipe quiz team terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Frater Don Bosco Tarakan, karena nilai t hitung yang diperoleh sebesar -0,668 lebih kecil dari t tabel 1,672.




This study aims to determine the effect of quiz team type active learning method on biology learning result of grade ten SMA Frater Don Bosco Tarakan. Research conducted in the form of a quasi-experimental, the population all students in grade ten SMA Frater Don Bosco Tarakan Academic Year 2014/2015, and the sample is of X- IPS A as a experiment class and X- IPS B as the control class. The sampling was done by purposive sampling. Data collection techniques using interview, observation, documentation and test. Data were analyzed using SPSS 16.0 for Windows software. According to the result of data analysis it can be concluded that there was no effect of the use of quiz team type active learning method on biology learning result of grade ten SMA Frater Don Bosco Tarakan, because the t value is -0,668 less than the t table 1.672.

Detail Informasi