
Pengaruh Penggunaan Model Means-Ends Analysis (MEA) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Yusriana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Pengaruh penggunaan model Means-Ends Analysis (MEA) terhadap sikap spiritual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. 2. Pengaruh penggunaan model Means-Ends Analysis (MEA) terhadap sikap sosial pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. 3. Pengaruh penggunaan model Means-Ends Analysis (MEA) terhadap pengetahuan siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. 4. Pengaruh penggunaan model Means-Ends Analysis (MEA) terhadap keterampilan siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pembelajaran 2014/2015 di SMP Negeri 7 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan Tahun Ajaran 2014/2015 dan sampel penelitian yaitu kelas VIII-6 dan VIII-7. Tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, lembar observasi, lembar penilaian diri, lembar penilaian keterampilan dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan software SPSS 16.0 for windows. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Independent-Samples t-Test dan uji Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Means-Ends Analysis (MEA) terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan.
The objectivities of this research were to determine : 1. The effect of use Means - Ends Analysis (MEA) model to spiritual attitudes of eighth grade students of SMP Negeri 7 Tarakan . 2. The effect of use Means - Ends Analysis (MEA) model to the social attitudes of eighth grade students of SMP Negeri 7 Tarakan . 3. The effect of use Means - Ends Analysis ( MEA ) model to the knowledge of eighth grade students of SMP Negeri 7 Tarakan . 4. The effect of Means-Ends Analysis (MEA) model to the skills of eighth grade students of SMP Negeri 7 Tarakan . This research was conducted even in the second learning semester of 2014/2015 in SMP Negeri 7 Tarakan. This research used a type of quasi - experimental with the whole study population all of eighth grade students of SMP Negeri 7 Tarakan on 2014/2015 and the sample is class VIII - 6 and VIII - 7. Sampling techniques using purposive sampling . Data collection techniques in this study using the test , observation sheet , self-assessment sheet , skill assessment sheet and documentation . Data were analyzed using SPSS 16.0 for Windows. The test of this hypothesis using Independent Samples t-Test and Simple Linear Regression test . Based on the analysis of data it can be concluded that there are significant use of models Means - Ends Analysis (MEA) of the results of science learning in eighth grade students of SMP Negeri 7 Tarakan.