Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan

Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Liliana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan September sampai Oktober 2014 di SMP Negeri 5 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui hubungan antar variabel penelitian. Metode ini digunakan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan sampel sebanyak 2 kelas, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster purposive sampling. Data penelitian ini terdiri dari data berupa angket dan data berupa nilai pretest dan posttest. Data angket dan nilai pretest dan posttest dianalisis menggunakan software SPSS 16.0 for windows dengan teknik analisis menggunakan Uji Korelasi Product Moment. Hasil analisis data dari 72 responden pada materi struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya serta berbagai pemanfaatanya dalam teknologi di kelas VIII dimana hubungan antara motivasi dengan prestasi kelas VIII memiliki koefisien korelasi (rxy) yaitu 0.651. dengan arah positif(+). Nilai r hitung (0.651) dan (0.651) ? (0,235) yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII.




This research held from September to October 2014 in SMP Negeri 5 Tarakan. This research is descriptive correlation which aims to describe and knows the relationship variables of study. This method used to find out the relationship between motivation and achievement on study in eight grade students of SMP Negeri 5 Tarakan. Population in this research are Eight grade students of class VIII and two classes for the sample, sampling was done by used technique purposive sampling cluster. The data of this study consists two instruments which form questionnaires and form of the pretest and posttest. Form questionnaire and form pretest and posttest were analyzed used software SPSS 16.0 for windows by used the analytical technique product moment correlation. The results of the analysis data from 72 respondents in the material structure and function of plant tissue as well a variety of technologies in use was in the eighth grade in which the relationship between motivation and achievement VIII class correlation coefficient (rxy) is 0.651. The positive direction (+). R count Value (0.651) and (0.651) ? (0.235) this mean that there is a significant relationship between learning motivation and academic achievement of student in class VIII.

Detail Informasi