
Perbandingan Pembelajaran Berbantu Media Audio Visual Dengan Pembelajaran di Alam Sekitar Dilihat Dari Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 9 Tarakan
Pengarang : Tagiling - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27 April sampai tanggal 27 Mei 2015 di SMP Negeri 9 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Posttest Comparation Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan sampel sebanyak 2 kelas, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan bantuan SPSS 16.0 dengan teknik analisis menggunakan uji Independent sample t-test. Hasil analisis perbandingan pembelajaran berbantu media audio visual dengan pembelajaran di alam sekitar di lihat dari hasil belajar siswa, pada hasil belajar ranah kongitif diperoleh thitung (0,965) lebih kecil dibandingkan ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 60, hasil belajran ranah afektif diperoleh thitung (0,293) lebih kecil dibandingkan ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 60, dan hasil belajar ranah psikomotorik diperoleh thitung (0,202) lebih kecil dibandingkan ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 60. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara pembelajaran berbantu media audio visual dengan pembelajaran di alam sekitar.
The research was conducted on April 27 to May 27 2015 in SMP Negeri 9 Tarakan. The design of this research was apparent with research design Pretest Posttest Comparation Grup Design. The population of this research was the students at grade VII and Sample two classes, the sample was taken by purposive sampling technique. The data analyzed by using SPSS 16.0 with technique analyzed by using independen sample t-test. The result of analyzed of comparison of learning assisted media audio visual with learning in natural surroundings seen from the result of the students learn, the result of learning cognitive got tresult (0,965) smaller than ttable (2,000) with significant level 0,05 and dk = 60, the result of learning affective got tresult (0,293) smaller than ttable (2,000) with significant level 0,05 and dk = 60, and the result of learning psikomotoric got tresult (0,202) smaller than ttable (2,000) with significant level 0,05 and dk = 60. Based on the result by analyzed it can be concluded that was not on differentiated of learning assisted media audio visual with learning in natural surroundings.