Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Siswa SMP Kelas VIII | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Siswa SMP Kelas VIII

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Siswa SMP Kelas VIII

Pengarang : Hendra Kusmana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development) yaitu pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi sistem pernapasan pada manusia dengan tujuan: 1) Untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang berorientasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) 2) Untuk menilai kualitas perangkat pembelajaran (valid, praktis, efektif) yang berorientasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) mengacu pada model pengembangan 3-D yang dimodifikasi dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974) yang terdiri dari 3 tahapan yaitu: Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), dan Pengembangan (Develop). Hasil pengembangan perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa keseluruhan komponen pembelajaran berorientasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dinyatakan valid, praktis dan efektif. Hasil belajar siswa meningkat dengan presentase ketuntasan total 100%, artinya hasil belajar telah memenuhi syarat ketuntasan individual minimal 75 dan ketuntasan secara klasikal minimal 75% dari nilai KKM.



This study was a research and development of learning device oriented on cooperative learning model of Think Pair Share (TPS) on respiration system in human aimed at 1) Developing the learning device oriented on cooperative learning model of Think Pair Share (TPS), 2) Eveluating the quality (valid, practical, and effective) oriented on learning model of Think Pair Share (TPS). The development procedure reters to 3D development model that modified from Thiagarajan, Semmel and Semmel (1974) of which consisted of three steps, namely: define, design, and develop.The result of this development showed all of learning components that oriented on cooperative learning model of Think Pair Share (TPS) was confirmed as valid, practical, and effective. Student’s learning outcomes with the total mastery percentage 100%, meaning that student’s learning outcomes has met the terms of individual mastery minimall 75 and classical mastery minimaly 75% from the KKM value.

Detail Informasi