
Penerapan Teori APOS Dalam Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
Pengarang : Maharani Izzatin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan dasar matematika yang harus dimiliki oleh siswa. Teori terkait tahapan pemecahan masalah digunakan dalam melakukan analisis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Salah satu teori yang dapat digunakan adalah teori APOS. Dalam teori APOS, terdapat empat tahapan yaitu: 1) aksi (action), adalah transformasi dari objek-objek yang dipelajari dan yang dirasakan oleh siswa, serta instruksi tahap demi tahap bagaimana melakukan operasi, 2) proses (process) didefinisikan sebagai struktur kognitif yang melibatkan imajinasi tentang transformasi mental atau fisik yang terjadi secara internal, ditunjukkan dengan seseorang sudah bisa melakukan tingkat aksi secara berulang kali, 3) objek (object), dapat diartikan sebagai sesuatu yang dihasilkan dari pengkonstuksian mental yang telah dilakukan pada tahap proses, dan 4) skema (scema) yaitu kumpulan aksi, proses, dan objek yang dirangkum menjadi sebuah skema.
Tidak Tersedia Deskripsi