Pendidikan Karakter Dalam Sastra Lisan Tidung di Kalimantan Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pendidikan Karakter Dalam Sastra Lisan Tidung di Kalimantan Utara

Pendidikan Karakter Dalam Sastra Lisan Tidung di Kalimantan Utara

Pengarang : Inung Setyami - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
   

Abstract

Sastra lisan merupakan salah satu media untuk menerapkan pendidikan karakter. Tujuan Penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan pendidikan karakter yang terdapat dalam teks sastra lisan Tidung di Tarakan Kalimantan Utara. Sumber data penelitian berupa Buku Bunga Rampai Cerita Lisan Tidung Kalimantan Utara. Buku ini ditulis Inung Setyami dkk dan diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Abadi tahun 2018. Dalam buku ini termuat 12 cerita lisan Tidung namun hanya 1 cerita yang dikaji dalam pembahasan ini, yaitu Aki Balak . Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan baca catat, yaitu pembacaan disertai dengan pencatatn dengan cermat dan teliti keseluruhan teks berkaitan dengan pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penelitian dilakukan melalui langkah-langkah 1) identifikasi, 2) pengklasifikasian, 3) interpretasi, dan 4) inferensi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Cerita Lisan Tidung sebagai suatu karya sastra mengandung nilai pendidikan karakter yang meliputi: (1) Pendidikan karakter berbasis nilai religious (mempercayai keberadaan Tuhan, mensyukuri nikmat Tuhan); (2) Pendidikan karakter berbasis nilai budaya (pengobatan tradisional dan budaya gotong royong); (3) Pendidikan karakter berbasis lingkungan (cinta lingkungan menjaga alam binatang dan tumbuhan); dan (4) Pendidikan karakter berbasis potensi diri (meliputi tanggung jawab, kepedulian, kasih sayang).

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi