
Isolasi Digital : Sisi Gelap Pembelajaran Daring
Pengarang : Fadhlan Muchlas Abrori - Personal Name; Novri Hadi Saputra - Personal Name; Vlorensius - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terkait kendala selama pembelajaran daring yang berkaitan dengan isolasi digital. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner semi terbuka, dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan biologi Universitas Borneo Tarakan. Berdasarkan hasil pengelompokan permasalahan pembelajaran daring dibagi menjadi 4 masalah yang terkait isolasi digital: kompleksitas perkuliahan yang susah dikemas dalam pembelajaran daring, platform yang tidak familiar, jaringan internet, dan permasalahan gawai. Hasil yang didapatkan sebanyak 75,7% informan menjawab bukan permasalahan teknis yang menyebabkan pembelajaran daring menjadi hal yang merugikan. Namun, kompleksitas matakuliah yang tidak bisa dikemas dalam pembelajaran daring merupakan penyebab utama. Hal ini terjadi dari sisi dosen yang kurang maksimal dalam mengelola konten dalam sebuah media digital atau keterbatasan jam perkuliahan.
Tidak Tersedia Deskripsi