
Introduksi Literasi Sains Melalui Media Visual Kepada Anak Usia Dini : Pra-Eksperimental Dalam Pembelajaran Daring
Pengarang : Fadhlan Muchlas Abrori - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Selama pandemi COVID-19 pendidikan anak usia dini memiliki beberapa tantangan khususnya dalam memperkenalkan kepada siswa terkait masalah pandemi. Pendekatan yang dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa adalah dengan menggunakan media visual untuk mengintroduksi siswa dengan literasi sains. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meninjau pemahaman siswa melalui re-telling (menceritakan kembali) oleh siswa terkait isi pada media visual pada topik terkait pandemi COVID-19. Jenis penelitian merupakan penelitian praeksperimental. Aspek yang dinilai dalam penelitian ini adalah kemampuan re-telling siswa meliputi struktur kalimat, kosa kata dan artikulasi. Hasil yang didapat bahwa seca keseluruhan penilaian ketiga aspek didapatkan persentase 77,77 – 100%, yang berarti siswa mampu memahami dan menceritakan kembali konten yang telah diberikan oleh guru melalui media visual.
Tidak Tersedia Deskripsi