
Identifikasi Miskonsepsi Materi Archaebacteria dan Eubacteria pada Siswa Kelas XI MIA Melalui Metode Certainty Of Response Index (CRI)
Pengarang : Fadhlan Muchlas Abrori - Personal Name; Suhaya Rosdiana - Personal Name; Aidil Adhani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada siswa kelas XI MIA di SMAN 1 Tarakan pada materi Arcahebacteria dan Eubacteria. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Tarakan yang berjumlah 160 siswa dan sampel penelitian berjumlah 32 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik non-probability sampling, yaitu purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda beralasan terbuka dan disertakan dengan skala (CRI)/tingkat keyakinan siswa dalam menjawab soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi tertinggi yang dialami siswa terdapat pada subkonsep klasifikasi bakteri dan proses reproduksi pada bakteri. Rata-rata persentase siswa yang mengalami miskonsepsi (M) sebesar 15%. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi yang ditemukan di SMA Negeri 1 Tarakan merupakan miskonsepsi dalam skala rendah dengan persentase 15% <41%.
Tidak Tersedia Deskripsi