
Menumbuhkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa Melalui Metode Pembelajaran Role Playing
Pengarang : Siti Rahmi - Personal Name; Asih Riyanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Berbagai tantangan dalam pendidikan nasional khususnya dalam menyiapkan kualitas sumber daya manusia yang bukan hanya untuk menjadi produktif melainkan pembentukan karakter manusia sebagai anggota masyarakat. Untuk menjadi manusia yang produktif maka tidak hanya dibekali kemampuan bidang keahlian, keterampilan, tetapi juga dengan pendidikan karakter sebagai panduan dalam berperilaku dan berkarya. Studi pustaka ini memberikan pemahaman kepada para guru dan siswa bahkan orang tua tentang pentingnya nilai karakter guna menghadapai era abad 21 yang serba kompetetif. Guru harus menyadari bahwa pendidikan sangat penting untuk menjawab tantangan global. Siswa juga harus bertanggungjawab dalam menuntut ilmu untuk membentuk nilai karakter yang menjadi tujuan kurikulum. Melalui pendidkan siswa bukan saja dibekali kognitif, tetapi perlu diberikan
pemahaman psikomotorik dan afektif yang berupa nilai karakter. Nilai karakter dapat ditumbuhkembangkan melalui pembelajaran di sekolah. Guru dapat menggunakan metode pembelajaran Role Playing (bermain peran) di mana metode ini melatih siswa bekerja sama, menghargai orang lain, tanggung jwab, dan pada akhirnya memahami karakter orang lain. Hal ini dimaksudkan agar setiap siswa memiliki nilai katakter yang melekat dalam diri siswa. Delapan belas nilai karakter dapat ditumbuhkan melalui kegiatan belajar dengan meramunya dalam rencana pembelajaran.
Tidak Tersedia Deskripsi