Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Nunukan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Nunukan

Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Nunukan

Pengarang : Dini Andini Poetri - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan siswa dalam mengenali dan mengontrol emosi diri, sehingga berdampak positif pada saat mengikuti pembelajaran. Kecerdasan emosional erat kaitannya dengan keterampilan metakognitif. Keterampilan metakognitif adalah kemampuan siswa untuk mengontrol proses belajarnya, mulai dari tahap perencanaan, memilih strategi yang tepat sesuai masalah yang dihadapi kemudian melihat kemajuan dalam belajar dan mengoreksi jika terjadi kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa dan menganalisis hubungan antara keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 920 siswa kelas VII seluruh SMP Negeri di Kabupaten Nunukan dan sampel penelitian adalah 242 siswa dengan penentuan sampel menggunakan rumus Nomogram Harry King. Keseluruhan data diperoleh berdasarkan skor dari angket kecerdasan emosional, tes essai keterampilan metakognitif dan tes pilihan ganda hasil belajar siswa, kemudian dianalisis dengan uji korelasi Pearson Product Moment, untuk mencari korelasi variabel kecerdasan emosional (X1) dengan variabel hasil belajar siswa (Y) dan variabel keterampilan metakognitif (X2) dengan variabel hasil belajar siswa (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memiliki korelasi terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,122 yang berarti kecerdasan emosional tidak memiliki hubungan terhadap hasil belajar siswa serta keterampilan metakognitif memiliki korelasi terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,029 yang berarti keterampilan metakognitif memiliki hubungan terhadap hasil belajar siswa. Sumbangan efektif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar sebesar 0,9% dan sumbangan relatifnya 34%, serta sumbangan efektif keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar sebesar 1,3% dan sumbangan relatifnya 48%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, diantaranya faktor internal yang meliputi kecerdasan, minat dan perhatian, motivasi belajar, ketekunan, sikap, kebiasaan belajar serta kondisi fisik dan kesehatan serta faktor eksternal meliputi keluarga, sekolah dan masyarakat

Emotional intelligence is the ability of students to recognize and control their emotions, so that it has a positive impact in learning. Emotional intelligence is closely related to metacognitive skills. Metacognitive skills are the ability of students to control the learning process, starting from the planning stage, choosing the right strategy according to the problem at hand then seeing progress in learning and correcting if something goes wrong. This study aimed at analyzing the relationship between emotional intelligence and metacognitive skills on student learning outcomes. This was a survey research using descriptive correlational methods. The population in this study were 920 grade VII students throughout Nunukan Regency and 242 students were taken as the sample using the Harry King Nomogram formula.Overall data were obtained based on scores from the emotional intelligence questionnaire, the metacognitive skills essay test and the multiple choice test. Data were analyzed with Pearson Product Moment correlation test to find out correlation between emotional intelligence variables (X1) and student learning outcome variable (Y) and metacognitive skills variables (X2) and student learning outcome variable (Y). The result showed that there was a weak correlation between emotional intelligence and student learning outcomes (0.122) and also between metacognitive skills and student learning outcomes (0.029). The effective contribution of emotional intelligence to learning outcomes was 0.9% and the relative contribution was 34%. The effective contribution of metacognitive skills to learning outcomes was 1.3% and the relative contribution was 48%. These results indicated that there were internal and external factors that affected student learning outcomes.The internal factors included intelligence, interest and attention, learning motivation, perseverance, attitude, study habits and physical and health conditions and the external factors were family, school and community.

Detail Informasi