
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bakteri Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan
Pengarang : Indriani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Pada Materi Bakteri dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Pada tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan, dengan tahapan pada setiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, lembar penilaian (mengukur aspek sikap dan keterampilan) serta tes hasil belajar dan lembar kerja siswa (Mengukur aspek pengetahuan). Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa secara klasikal nilai siswa dari siklus I ke siklus II terdapat penigkatan pada ketiga aspek yang diukur yaitu, aspek pengetahuan pada siklus I yaitu 64% dan siklus II mengalami peningkatan yaitu 76%. Pada aspek sikap persentase siswa yang memperoleh nilai dengan kategori minimal baik pada siklus I yaitu 57% dan siklus II mengalami peningkatan yaitu 94%. Sedangkan aspek keterampilan, persentase siswa yang memperoleh nilai dengan kategori minimal baik pada siklus I yaitu 51% dan siklus II mengalami peningkatan yaitu 100%. Nilai siswa secara klasikal yang diperoleh tersebut telah mencapai indikator ketuntasan yaitu 75%. Hasil pengamatan aktivitas guru mengajar siklus I 78,07% dengan kategori baik, siklus II 94,73% dengan kategori sangat baik dan hasil aktivitas siswa siklus I 75% dengan kategori baik, siklus II 85% berkategori sangat baik.
This study aims to improve student learning outcomes on Bacteria by applying the Problem Based Instruction (PBI) learning model to class X Madrasah Aliyah Tarakan State students. This type of research is Classroom Action Research (CAR) which consists of two cycles. Each cycle consists of two meetings, with stages in each cycle namely planning, action, observation and reflection. The instruments used in this study are observation sheets for teacher and student activities, assessment sheets (measuring aspects of attitudes and skills) and learning outcomes tests and student worksheets (measuring aspects of knowledge). The results showed that the Problem Based Instruction (PBI) learning model could improve the learning outcomes of class X Madrasah Aliyah Tarakan State students. The results of the study showed that classically the student's score from cycle I to cycle II there was an increase in the three aspects measured, namely, the knowledge aspect in the first cycle was 64% and the second cycle had an increase of 76%. In the aspect of attitude, the percentage of students who scored in the minimum good category in the first cycle was 57% and the second cycle increased by 94%. As for the skills aspect, the percentage of students who scored in the minimum good category in the first cycle was 51% and the second cycle had an increase of 100%. The classical student scores obtained have reached the completeness indicator, namely 75%. The results of observations of teacher activities in the first cycle were 78.07% in good category, in the second cycle 94.73% in the very good category and the results of student activities in the first cycle 75% in the good category, 85% in the second cycle in the very good category.