
Pengaruh Iklan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Pengunjung Ramayana Department Store Tarakan
Pengarang : Tika Permadeli Fatta - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Iklan berfungsi untuk menginformasikan tentang produk atau jasa dan iklan bisa bersifat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian yang tidak direncanakan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan gaya hidup terhadap pembelian impulsif pada pengunjung Ramayana Department Store Tarakan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dan metode penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif dengan metode survei dengan instrument pertanyaan/pernyataan dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Tarakan yang pernah berbelanja di Ramayana Department Store Tarakan dengan jumlah sampel sebanyak 210 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel iklan dan gaya hidup berpengarh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif.
Ads serve to inform products or services and ads can affect consumers to make previously unplanned purchases. The study aims to determine the influence of advertising and lifestyle to the impulsive purchase in the visitors of Ramayana Department Store Tarakan. Sampling in this study using nonprobability sampling techniques and research methods used are quantitative with survey methods with question/statement instruments and data collection techniques using questionnaires. The samples in this study were the people of Tarakan City who had shopped at Ramayana Department Store Tarakan with a sample number of 210 people. The method of analysis used is regression analysis with the help of SPSS program version 22. The results of this study show that ad variables and lifestyles are positively and significantly influenced by the purchase of impulsivity.